Sukses

Wong Kito Galo, Ayo Dukung Sumsel Jadi Destinasi Halal Terfavorit 2018

Banyaknya ragam wisata membuat Sumsel ini masuk nominasi destinasi wisata halal terfavorit tahun ini.

Liputan6.com, Palembang - Banyaknya lokasi wisata religi Islam di Kota Palembang, membuat Sumatera Selatan (Sumsel) masuk dalam nominasi provinsi destinasi halal terfavorit tahun ini. Nominasi ini akan memperebutkan penghargaan di Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018.

Sumsel akan bersaing dengan 13 provinsi lainnya diantaranya Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Barat (Sumbar) dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn Sinaga, banyak lokasi wisata Islam yang masih terjaga dengan baik. Tidak hanya dikunjungi umat Islam saja, namun seluruh etnis, agama dan ras kerap mengunjungi destinasi wisata religi di Sumsel.

Salah satunya Kampung Al-munawar di Kelurahan 13 Ilir Palembang, di tepi Sungai Musi.

"Kampung Al-Munawar menjadi salah satu peradaban etnis Arab yang masih terjaga baik di Palembang dan menjadi destinasi wisata halal di Sumsel," ujarnya kepada Liputan6.com, Kamis (1/11/2018).

Pemukiman ini juga masih mempertahankan bangunan yang sudah berusia sekitar 300 tahun. Di lokasi ini juga tersedia minuman kopi khasnya dan hiburan kesenian Arab.

Di Sumsel juga ada Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) dan Alquran raksasa 30 Juz yang merupakan ukiran kayu terbesar di dunia.

Simak video menarik seputar Sumsel berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Venue Asian Games 2018

"Bentuk tulisan Alquran dibuat dengan ukiran khas Palembang, mushaf Alquran juga terdiri dari lembaran kayu setinggi dua meter dan lebar sekitar 1,5 meter. Berwarna dasar coklat dengan tulisan timbul berwarna emas," katanya.

Selain destinasi wisata halal, Sumsel juga terkenal dengan sport tourism. Apalagi Kota Palembang telah sukses menggelar Asian Games 2018 di bulan Agustus 2018 lalu, di komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Provinsi ini, lanjut Irene, merupakan surganya para pelancong yang hobi berpetualang. Karena bisa mendapatkan banyak destinasi wisata di provinsi ini, terlebih di Kota Palembang.

"Karena persaingan dengan provinsi lain sangat ketat, kita meminta dukungan dari warga Sumsel agar provinsi kita bisa menyabet penghargaan ini," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.