Sukses

Jurus Polisi dalam Operasi Zebra 2018 di Tol Cipali

Petugas Ditlantas Polda Jabar mencatat dalam sehari jumlah lakalantas yang terjadi di Tol Cipali tiga hingga lima kali.

Liputan6.com, Cirebon - Upaya menindak pengendara yang melanggar lalu lintas terus ditingkatkan. Dalam operasi zebra 2018 ini, Polda Jabar tak hanya menggelar operasi di sejumlah titik jalan raya.

Operasi zebra juga digelar di sejumlah ruas tol, salah satunya Cipali. Puluhan petugas nampak bersiaga di pintu masuk KM 102 Cipali untuk menindak pengendara yang diketahui melanggar batas kecepatan yang sudah ditentukan.

"Untuk mengetahui pengendara itu melanggar atau tidaknya kami menempatkan menggunakan Speedgun," kata Kanit PJR Tol Cipali Polda Jabar AKP Azis Syarifudin, Rabu (31/10/2018).

Sejumlah kendaraan yang diketahui melanggar akan terdeteksi oleh kamera speedgun. Setelah petugas menemukan pelanggar, petugas lain bersiap untuk menjemput kendaraan tersebut di Km 102.

Dia mengatakan, dalam operasi zebra ini, petugas menindak pelanggar yang kecepatannya lebih dari 100 km per jam mobil pribadi dan truk dibawah 60 km. Dia menjelaskan, kendaraan yang diluar kecepatan yang ditentukan sangat beresiko kecelakaan.

"Itu salah satu faktornya ya dan yang sering itu banyak terjadi lakalantas tabrak belakang," ungkap dia.

Dia menyebutkan, setiap harinya, tingkat kecelakaan di Tol Cipali selalu ada. Rata-rata minimal tiga lakalantas dalam sehari.

Dia mengaku tidak segan menilang kendaraan yang melanggar batas kecepatan. Dalam operasi zebra ini, Ditlantas Polda Jabar menargetkan 50 pelanggar tiap harinya.

"Faktor lain lakalantas di tol yaitu pecah ban, ngantuk bahkan ada juga kendaraan yang melawan arus," sebut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan

Dalam operasi zebra tersebut, Polda Jabar bekerjasama dengan pengelola Tol Cipali. Mereka memberikan penghargaan bagi kendaraan yang menaati aturan dalam kecepatan.

Hadiah kecil pun diberikan cuma-cuma oleh PT LMS kepada pengendara yang taat aturan.

"Jangan dilihat dari bentuk dan nilai kami beri ini sebagai apresiasi atas upayanya meminimalisir kecelakaan di tol," kata Departement Head Traffict Manajemen PT LMS Andris Lumowa.

Dia menyebutkan, ada lima pengendara yang mendapat penghargaan dari pengelola tol. Mulai dari memberikan payung cantik hingga kartu e toll gratis.

Andris mengaku, angka kecelakaan di Cipali cukup banyak. Jalan lurus yang panjang membuat pengendara rentan meningkatkan kecepatan kendaraan mereka.

Oleh karena itu, kedepan, PT LMS berencana akan meningkatkan program operasi serupa.

"Tingkat kecelakaan cukup lumayan, nanti kita programkan rutin dilakukan," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.