Sukses

Siklon Tropis Yutu di Filipina Berdampak ke Indonesia

Siklon Tropis Yutu di Filipina ternyata membawa dampak ke Indonesia. Apa saja dampaknya?

Liputan6.com, Bandung - Hujan yang turun sepekan terakhir di wilayah Indonesia diakibatkan dampak dari siklon tropis Yutu yang terjadi di Filipina. Hal itu berakibat berpotensi tumbuhnya awan hujan.

Anggota variabilitas iklim 2018 Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Antariksa dan Penerbangan Negara (PSTA LAPAN), Erma Yulihastin, menjelaskan pada saat ini sebenarnya di Indonesia masih musim kemarau. Menurut Erma jika melihat arah angin, angin timuran dari Australia yang mendominasi dan sedikit peralihan dengan adanya angin Asia dari utara memasuki di Selat Malaka dan Laut Cina Selatan.

"Kalau lihat dari kondisi itu, maka memang dalam satu pekan terkahir itu mulai muncul banyak hujan juga kemarin ada cuaca ekstrem dibeberapa wilayah seperti puting beliung. Angin puting beliung di wilayah Jawa Timur juga ada, di Palembang juga ada, jadi memang itu bentuk yang normal dari peralihan dari musim kemarau menuju ke musim hujan," kata Erma kepada Liputan6.com, Rabu (31/10/2018).

Erma menuturkan pengaruh adanya angin Asia dari utara memasuki di Selat Malaka dan Laut Cina Selatan, memicu konvergensi di Laut Jawa dan selatan Samudera Hindia. Hujan yang turun sepekan terakhir khususnya di Jawa bagian barat pada umumnya dimulai sore hingga malam hari.

Pernyataan peneliti LAPAN itu selaras dengan prakiraan cuaca Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG). Pada penghujung bulan Oktober 2018 di pagi hari cuaca wilayah Jawa Barat secara umum berawan dan erpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Cianjur dan Sukabumi.

Sedangkan antara siang dan sore hari cuaca cerah berawan hingga berawan, berpotensi hujan ringan. Potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Depok, Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Garut dan Bandung                                              -

Sementara pada malam hari cuaca masih berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bogor, Bekasi, Depok, Sukabumi, Purwakarta, Bandung, Cianjur, dan Ciamis. Memasuki dini hari kondisi cuaca kembali cerah berawan hingga berawan, namun masih berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bogor, Depok, Sukabumi, dan Bekasi.

 Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.