Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Cerita Pemuda Komoro hingga Bergelar Doktor

Top 3 berita hari ini, situasi getir, sulit, dan keras di masa kecil, mengubah jalan hidup seorang Leonardus Tumuka, pemuda Suku Kamoro.

Mimika - Top 3 berita hari ini, suku Kamoro adalah salah satu suku yang tinggal di wilayah pesisir selatan Papua, di Kabupaten Mimika. Mereka dikenal sebagai masyarakat yang semi nomaden dengan tinggal di daerah muara yang akan sumber makanan atau hutan. 

Namun, yang terjadi pada masa kecil pemuda suku Kamoro ini sungguh miris. Lantaran pembangunan yang dilakukan PT Freeport, tempat mencari ikan seketika lenyap dan memilih tinggal di gorong-gorong.

Meski mengalami hidup yang keras dan sulit, tetap tidak menyurutkan semangat Leonardus Tumuka kecil untuk mengenyam pendidikan hingga ke tingkat lebih tinggi. Kemauan untuk mengubah kehidupan orangtua dan delapan saudaranya membuat pemuda suku Komoro akhirnya berhasil meraih gelar Doktor. 

Sementara itu di Palembang, polisi berhasil mengungkap motif pembunuhan yang terjadi pada satu keluarga yang terdiri dari suami, istri, dan kedua anaknya.

Tidak hanya prahara dalam keluarga, sang kepala rumah tangga ternyata tengah terlilit utang sebesar Rp 8,9 miliar. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

 

1. Kisah Pemuda Suku Kamoro, Tinggal di Gorong-gorong Hingga Bergelar Doktor

Petugas Animal Rescue berusaha menyelamatkan seekor anjing yang terjebak di gorong-gorong kali Gresik, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/5). Anjing ini terjebak selama 3 hari dan dibawa ke tempat penampungan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Situasi getir, sulit, dan keras di masa kecil, mengubah jalan hidup seorang Leonardus Tumuka, pemuda Suku Kamoro.

Putra sulung pasangan Anakletus Tumuka dan Lidia Nawaripi itu menyelesaikan pendidikan doktoral pada University of the Philipines Los Banos, Filipina, tahun 2015 pada bidang Community Development.

Kini Leo Tumuka bekerja sebagai konsultan pada Departemen Community Affairs PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Timika.

Selengkapnya... 

2. Terkuak, Ternyata Ini Motif Pembunuhan Satu Keluarga di Palembang

Foto MG (43) dan KT (11) dipajang di ruang Krematorium Sampurna TPU Talang Kerikil Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

Motif pembunuhan satu keluarga di Palembang yang diakhiri dengan bunuh diri akhirnya terkuak. Fakta mengpungkap, selain motif permasalahan keluarga, ditemukan bukti rekaman yang menunjukkan FX (45) terlilit hutang Rp 8,9 miliar.

Polisi mendapatkan rekaman suara dari Fransiskus pada pukul 00.46 WIB sebelum melakukan aksinya.

Dari hasil olah TKP, polisi juga menemukan surat pengakuan utang milik korban. Artinya, aksi tersebut bukan hanya masalah gugatan cerai yang dilakukan istri. Melainkan adanya tekanan keuangan.

Selengkapnya...

3. Ketinggalan Pesawat, 2 Anggota DPRD Babel Selamat dari Kecelakaan Lion Air

Ilustrasi Pesawat Lion Air (ROSLAN RAHMAN / AFP)

Dua anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Junaidi dan Dolar terhindar dari kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta menuju Kota Pangkalpinang. Keduanya dilaporkan ketinggalan pesawat.

Awalnya dilaporkan sembilan anggota DPRD Babel yang menjadi korban kecelakaan pesawat Lion Air, tetapi Dolar dan Junaidi dipastikan selamat karena sudah ada keterangan pasti dari pihak keluarga.

Selain membawa para anggota legislator, pesawat Lion Air tersebut juga membawa sejumlah ASN dari BPK, KPN Pratama, dan para pejabat Polda Babel.

Selengkapnya... 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.