Sukses

Jangan Terlalu Asyik Bermain di Pantai Membalong Belitung, Ini Alasannya

Di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung yang mencapai 2,27 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,06 meter.

Liputan6.com, Pangkalpinang - BMKG memperkirakan ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung mencapai dua meter lebih pada Minggu (28/10/2018).

"Ketinggian pasang air laut di Sungailiat dapat mencapai 2,18 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Nenden Wardani di Pangkalpinang, Sabtu 27 Okober 2018.

Selain di Sungailiat, ketinggian pasang air laut melebihi dua meter juga dapat terjadi di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung yang mencapai 2,27 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,06 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,88 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,70 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,51 meter, dan di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung sekitar 1,51 meter.

"Pasang air laut setinggi itu dapat membahayakan keselamatan karenanya warga atau wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," katanya dilansir Antara.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar 0,25 sampai 0,75 meter dan relatif normal.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka, dan Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 0,75 meter.

"Meski demikian, kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Nenden Wardani.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.