Sukses

10 Orang Terjebak di Pulau Wairundi Papua

Mereka terjebak karena cuaca buruk, angin kencang, ombak besar dan kondisi terakhir kekurangan bahan makanan.

Liputan6.com, Manokwari - Sepuluh orang terjebak di Pulau Wairundi di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Mereka tak bisa keluar dari pulau itu karena cuaca buruk.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manokwari George Leo Mercy Randang mengatakan, mereka yang terjebak di pulau tersebut terdiri atas petugas Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih dan warga.

"Tujuh orang dari Balai Konservasi, empat orang lainnya masyarakat," kata George lewat layanan kirim pesan singkat telepon seluler, Jumat 26 Oktober 2018.

"Mereka terjebak karena cuaca buruk, angin kencang, ombak besar dan kondisi terakhir kekurangan bahan makanan," ia menambahkan.

Ia mengatakan, tim SAR Manokwari dalam perjalanan menuju pulau yang berjarak 59 kilometer dari Manokwari tersebut untuk menolong mereka.

"Kami memperoleh laporan sekitar pukul 11.10 WIT. Kami langsung menuju kapal untuk menjemput mereka," kata dia dilansir Antara.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari memberangkatkan kapal Kumbakarna untuk menjemput rombongan petugas yang sedang melakukan survei populasi penyu tersebut. Operasi pertolongan itu melibatkan 10 personel petugas.

George merinci rombongan yang terjebak di Pulau Wairundi terdiri atas Syahirudin selalu ketua tim serta Topo Budidanarko, Donatus Aujani, Titus Charles, Mesak Andarek, Anto, Geradus, Yakonias, Bastian Sikun dan Oto Eseren.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.