Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kisah Azan Serentak oleh 7 Muazin di Masjid Agung Cirebon

Top 3 berita hari ini, Adalah Sunan Gunung Jati yang memerintahkan tujuh muazin setiap ibadah salat Jumat digelar. Apa maknanya?

Liputan6.com, Cirebon - Top 3 berita hari ini, azan biasanya dilantunkan satu orang. Namun, apa yang dilakukan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon ini jauh berbeda. Azan dikumandangkan tujuh orang sekaligus dalam waktu bersamaan.

Adalah Sunan Gunung Jati yang memerintahkan tujuh muazin setiap ibadah salat Jumat digelar. Apa maknanya? 

Konon dilakukan untuk mengalahkan pendekar jahat berilmu hitam yang sering meresahkan warga Cirebon. Pendekar ini bernama Menjangan Wulung. Setiap muazin melantunkan azan selalu meninggal. 

Sunan Gunung Jati lalu meminta tujuh orang melantunkan azan secara berbarengan.

Sementara itu, media sosial kembali diramaikan dengan berita hoaks. Dalam sebuah video yang beredar diberitakan ada korban gempa Palu yang selamat usai tertimbun lumpur selama 2 minggu.

Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho akhirnya mengklarifikasinya. 

"Tidak benar video itu. Video tersebut diambil relawan yang menyelamatkan ibu dan bayinya yang terseret likuefaksi di Jono Oge di Desa Langaleso pada 28 September 2018 malam setelah kejadian," ungkap Sutopo.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:  

1. Kisah Pendekar Berilmu Hitam Meledak karena Azan Tujuh Cirebon

Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon tak hanya berusia ratusan tahun, tapi memiliki cerita fenomenal yang melekat di kalangan masyrakat Pantura Jawa Barat.  Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon sangat dikenal dengan tradisi azan pitu (tujuh). Asal muasal terjadinya azan tujuh sangat populer dan fenomenal.

Dijelaskan, azan pitu merupakan titah dari Sunan Gunung Jati Cirebon sebagai strategi mengalahkan pendekar jahat berilmu hitam pada abad ke 15.

Dia adalah Menjangan Wulung dan konon suka sekali berdiam diri di kubah masjid. Setiap ada muadzin melantunkan azan, selalu meninggal saat berusaha melawan.

Selengkapnya... 

2. Fakta di Balik Video Korban Gempa Palu Selamat Usai 2 Minggu Tertimbun Lumpur

Video viral yang mengatakan ada korban gempa Palu selamat setelah dua minggu tertimbun lumpur ternyata hoaks.

Video viral yang mengatakan ada korban gempa Palu selamat setelah dua minggu tertimbun lumpur ternyata hoaks. Bukan videonya yang bohong, melainkan informasi yang menyertai video tersebut.

"Tidak benar video itu. Video tersebut diambil relawan yang menyelamatkan ibu dan bayinya yang terseret likuefaksi di Jono Oge di Desa Langaleso pada 28/9/2018 malam setelah kejadian," ungkap Kepala BNPB Sutopo.

Sebelumnya video hoaks berdurasi sekitar dua menit itu viral dan ditonton ribuan orang di media sosial berbagi video. Bahkan, video ini diunggah ulang dan diberi bumbu keterangan foto agar terlihat dramatis.

Selengkapnya... 

3. Siap-Siap, KAI Surabaya Bakal Gelontorkan Puluhan Ribu Tiket Kereta Murah

Kereta melintasi Jembatan Cikubang, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, 5 Juli 2016. Pemandangan struktur jembatan yang melayang diantara perbukitan ini kerap membuat wisatawan berhenti sejenak untuk menyaksikan keindahannya (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

PT KAI Surabaya akan menggelontorkan beragam tiket kereta murah pada 26-28 Oktober 2018 di Mail Hall DTC Wonokromo.

Harga spesial ini diberikan untuk total 21 kereta api, dengan jumlah tempat duduk terbatas. Surabaya-Jakarta misalnya, dibanderol dengan harga Rp 195 ribu dari sebelumnya Rp 485 ribu.

Selain itu, juga terdapat diskon 10 persen untuk tiket kereta dari Daop lain dengan tujuan Stasiun di Daop 8 Surabaya.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.