Sukses

Antisipasi Calo CPNS 2018, Jaksa Sulsel Nongkrong di Meja Panitia

Kejati Sulsel tugaskan jaksa pembina nongkrong di setiap tahapan seleksi pendaftaran CPNS 2018.

Liputan6.com, Makassar - Hampir sama dengan institusi lainnya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan pun berupaya maksimal dalam mengantisipasi adanya aksi percaloan pada kegiatan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup kejaksaan yang berlangsung sejak Senin 8 Desember 2018.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sulsel, Salahuddin mengatakan salah satu yang dilakukan pihaknya yakni menyiagakan sejumlah jaksa pembina di lokasi tempat pemeriksaan berkas dokumen peserta CPNS yang berlangsung di Kantor Kejati Sulsel.

"Tak hanya jaksa pembina ditugaskan tongkrongi meja panitia yang ada, pak Kajati dan Wakajati pun tiap hari turun ke bawah untuk mengecek dan mengawasi langsung jalannya tahapan pengecekan berkas para CPNS," kata Salahuddin saat ditemui di ruangan kerjanya di Kantor Kejati Sulsel, Senin (15/10/2018).

Dengan demikian, Salahuddin menjamin dan memastikan tak ada aksi percaloan pada pendaftaran CPNS di lingkup Kejaksaan hingga tahap pengumuman tiba nantinya.

"Semuanya bersifat transparan sehingga kami yakin tak ada celah untuk calo. Apalagi Jaksa pembina akan nongkrong selama tahapan pendaftaran CPNS berlangsung. Seluruh tahapan seleksi akan dikawal dan diawasi," terang Salahuddin.

Sejak awal pendaftaran CPNS dibuka, peserta CPNS yang terdaftar hingga saat ini berjumlah 536 orang. Dimana pendaftar untuk formasi Strata Satu (S.1) ilmu hukum berjumlah 203 orang, formasi S.1 ilmu non hukum 8 orang, Diploma Tiga (D.3) berjumlah 3 orang dan formasi Sekolah Menengah Atas (SMA) pesertanya saat ini berjumlah 322 orang.

"Formasi Magister (S.2) belum ada pendaftar sampai saat ini," jelas Salahuddin.

Apriani, pendaftar CPNS Kejaksaan yang mendaftar melalui formasi pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) berharap pendaftaran CPNS kali ini betul-betul transparan dan bebas dari aksi percaloan.

"Karena terus terang ketakutan kami hanya di situ. Semoga pendaftaran CPNS tahun ini betul-betul steril tak ada calo-caloan karena kasihan kami yang tak punya apa-apa atau pegangan," kata Apriani.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.