Sukses

Detik-Detik Banjir Bandang Terjang Siswa Saat Sekolah di Mandailing Natal

Dari pengakuan saksi mata banjir bandang itu berlangsung cepat sehingga para siswa yang belajar di Madrasah yang kebetulan berada di pinggiran Sungai Siladi itu banyak yang tidak bisa menyelamatkan diri.

Liputan6.com, Mandailing Natal - Tim SAR gabungan bersama relawan dan masyarakat mengevakuasi 17 korban meninggal akibat banjir bandang pada Jumat (12/10/2018) sore, di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Jumlah korban meninggal dunia tercatat 17 orang, yaitu 12 orang anak sekolah di Kecamatan Ulu Pungkut, 3 orang pekerja gorong-gorong jalan di Kecamatan Muara Batang Gadis, dan 2 orang yang kecelakaan mobil masuk ke Sungai Aek Batang Gadis saat banjir.

Dari 29 anak sekolah SD Negeri 235 yang diterjang banjir bandang di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, kondisinya 12 anak meninggal dunia dan 17 anak berhasil diselamatkan.

Dari 17 anak yang selamat 7 anak di antaranya luka-luka dan dirawat di Puskesmas setempat. Selain itu 2 orang guru juga ditemukan selamat. Korban selamat ditemukan di bawah reruntuhan bangunan dan sebagian terseret oleh banjir bandang.

Camat Kecamatan Ulu Pungkut, Muhammad Johan Lubis di Mandailing Natal, menyampaikan rasa prihatin karena banjir tersebut telah menghanyutkan 12 orang pelajar Madrasah Diniyah desa itu.

Ia menyebutkan, dari pengakuan saksi mata banjir bandang itu berlangsung cepat sehingga para siswa yang belajar di Madrasah yang kebetulan berada di pinggiran Sungai Siladi itu banyak yang tidak bisa menyelamatkan diri.

"Pada saat itu para siswa sebanyak 29 orang sedang mengikuti proses belajar mengajar, kemudian banjir datang dengan cepat dan menghanyutkan 12 siswa," ujarnya Sabtu 13 Oktober 2018 malam dilansir Antara.

Setelah melakukan pencarian berjam-jam petugas dan warga berhasil menemukan para korban tertimbun lumpur dan material kayu serta bebatuan yang terbawa arus banjir tersebut.

Selain belasan rumah penduduk yang rusak serta terbawa arus banjir, sejumlah fasilitas umum seperti Polindes, Madrasah, Masjid, gedung SD dan gedung PKK juga mengalami rusak berat.

Ia mengatakan, dalam peristiwa tersebut sebanyak 75 kepala keluarga juga diungsikan ke kantor Lurah Ulu Pungkut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sementara para korban yang ditemukan petugas sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum yang ada di desa itu.

Adapun nama-nama korban jiwa meninggal siswa SD itu adalah Isroil (9 tahun), Hapsoh (9 tahun), Alfi Sanri (9 tahun), Masitoh (9 tahun), Dahleni (10 tahun), Tiara (10 tahun) Isnan (10 tahun) Ahidan (10 tahun), Riyansyah Putra (10 tahun), Sohifan (11 tahun), Aisah (12 tahun), dan Mutiah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebanyak 11 titik longsor yang awalnya menutup beberapa ruas jalan di Mandailing Natal sudah dapat diatasi setelah alat berat dikerahkan untuk membantu evakuasi korban dan membersihkan material longsor.

Banjir bandang juga menyebabkan 12 rumah hanyut dan rusak total, 9 rumah rusak berat dan 3 bangunan fasilitas umum rusak berat di Desa Muara Saladi, sedangkan masyarakat mengungsi.

Sedangkan 2 korban meninggal yang ditemukan di dalam mobil yang terjebur ke Sungai Aek Batang Gadis adalah seorang pegawai PT Bank Sumut dan seorang anggota Polri yang sedang mengawal pegawai PT Bank Sumut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.