Sukses

Isyarat Tiga Bunga Bangkai Muncul di Satu Lahan

Karmui (60) warga Dukuh Pelem Keong, Desa Bageng, Gembong menemukan tiga bunga bangkai di satu lahan sekaligus.

Pati - Karmui (60) warga Dukuh Pelem Keong, Desa Bageng, Gembong, Pati, Jawa Tengah, menemukan tiga bunga bangkai di satu lahan sekaligus. Fenomena ini mengundang perhatian warga dan memunculkan mitos bahwa musim kemaru sudah akan berakhir.

Luas lahan belakang rumah milik Karmui sekitar 1 hektare. Memasuki lahan tersebut, sekilas tidak tercium bau yang tak sedap. Namun ketika mendekati bunga bangkai di lahan itu, baunya mulai terasa. Ada tiga bunga yang jaraknya dari satu bunga ke bunga bangkai lainnya sekitar dua meter.

Beberapa tetangganya penasaran dan melihat bunga tersebut. Mereka penasaran dengan bentuk dan femonema bunga yang tak sembarang tumbuh di pemukiman warga. Terlebih, kemunculan bunga bangkai di desa setempat terakhir tumbuh 2014 lalu di rumah Sabiri, warga lainnya di Desa Bangeng.

Karmui mengatakan, bunga bangkai itu muncul bersamaan dalam empat hari terakhir. Ketiganya kini mulai mekar. Ia mengetahuinya saat hendak menyirami tanaman jeruknya di lahan belakang rumah. Mulanya bunga itu masih kecil, kini tingginya sudah mencapai 25 sentimeter.

"Empat hari lalu waktu pagi-pagi saya mau menyiram tanaman jeruk pamelo belakang rumah, mencium bau tak sedap. Setelah saya cari-cari, ternyata udah tumbuh tiga bunga bangkai. Kini bunganya sudah bermekaran. Bunga tersebut tumbuh di tengah lahan yang araknya dua meter," tuturnya.

Pria yang berprofesi sebagai penjual jeruk pamelo ini memberitahukan kepada tetangganya. Sehingga banyak tetangganya yang kepo dan melihat tumbuhnya bunga langka bernama lain Amorphophallus Titanum. Karmui membiarkan bunga bangkai itu tumbuh di lahannya. Terlebih bunga bangkai cepat layu.

"Kalau dari mitos warga setempat, munculnya bunga bangkai ini menandakan berakhirnya musim kemarau. Beberapa bulan ini dilanda kemarau panjang. Sehingga dengan kemunculan bunga bangkai, musim hujan diperkirakan akan segera tiba," katanya.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.