Sudah 9 Hari, Api Masih Membara di Gunung Ciremai

Oleh Liputan6.com pada 08 Okt 2018, 20:02 WIB
Diperbarui 08 Okt 2018, 20:02 WIB
20151019-Ilustrasi-Kebakaran-Hutan
Perbesar
Ilustrasi Kebakaran Hutan (iStockphoto)

Liputan6.com, Kuningan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mencatat api telah menghanguskan kurang lebih 900 hektare hutan di Gunung Ciremai. Saat ini, tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman.

"Selama sembilan hari, sudah 900 hektare kawasan hutan Gunung Ciremai yang hangus terbakar," kata Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin di Kuningan, Senin (8/10/2018), dilansir Antara.

Menurut Agus, kebakaran kali ini terus meluas dari hari ke hari, meskipun tim gabungan telah berupaya memadamkan api, tetapi belum berhasil juga.

Hal tersebut, lanjut Agus, disebabkan luasnya areal Gunung Ciremai yang terbakar, sehingga tim pemadam sulit menjangkau areal yang terbakar, ditambah pula minimnya alat pemadam kebakaran.

Tidak hanya itu, lokasi kebakaran yang merupakan daerah perbukitan dan didominasi tumbuhan alang-alang serta perdu juga menjadi kendala sendiri pemadaman kebakaran lahan tersebut.

Apalagi dengan kondisi lahan bebatuan pada ketinggian 300 sampai 1.600 meter di atas permukaan laut, tentu ini kendala yang harus dihadapi para relawan.

"Kita saat ini sangat membutuhkan sarana pendukung pemadaman kebakaran," ujarnya.

"Selain itu, juga kami membutuhkan logistik, karena kebakaran ini sudah terjadi lama," lanjutnya.

Kebakaran kawasan hutan Gunung Ciremai sendiri diketahui terjadi pada Minggu, 30 September 2018 sekitar jam 12.00 WIB. Api diduga berasal dari kawasan Erpah Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya