Sukses

Kuliner Mee Bandung di Malaysia, Tampilannya Seperti Rendang Kuah

Ditulis dengan Mee Bandung, dibaca seperti Mi Bandung. Inilah masakan mie dengan tampilan seperti rendang Padang.

Liputan6.com, Johor - Ada menu Mee Bandung yang menduduki kasta cukup tinggi dalam peta kuliner di kota Muar, Johor Baru, Malaysia. Secara ejaan memang berbeda dengan Mie Bandung, tapi konon ada peran orang Bandung dalam penamaan mie ini.

Sahrudin, salah satu anggota parlemen Malaysia dari distrik Kota Muar Johor Baru di Komisi Kesehatan dan Lingkungan menyebutkan bahwa kuliner ini sejatinya sudah sangat lama. Ini merupakan salah satu kuliner melayu.

"Tapi saat itu nggak ada namanya sama sekali," kata Sahrudin kepada Liputan6.com.

Disebutkan bahwa penamaan Mee Bandung pengucapannya sama dengan Mie Bandung. Berawal dari kunjungan rombongan orang Bandung. Sebagai penghormatan, masakan ini disajikan.

"Ada salah satu rombongan yang bertanya apa nama makanan ini, oleh tuan rumah kemudian disebutnya sebagai Mee Bandung. Kalau di Indonesia ya Mie Bandung. Kata Bandung untuk menghormati para tamu," kata Sahrudin.Fauziah, salah satu peracik Mee Bandung yang dijagokan di kota Muar, Johor Baru, Malaysia. (foto: Liputan6.com / ajang nurdin)

Mee Bandung bukan hanya berbeda ejaan. Bahan dasar meskipun sama yakni mie, namun sebagaimana mie dari Melayu, ada ikan, potongan daging, udang kering, dan juga sayuran dalam sajiannya.

Aroma rempah dengan tampilan kuah kemerahan seperti menyiratkan sensasi rasa gurih manis dan pedas yang berpadu. Fauziah, salah satu jagoan peracik Mee Bandung menyebutkan bahwa pembeda utamanya adalah penggunaan kuah kacang.

"Saya belajar masak dari ibu dan nenek. Jadi ini memang sudah kuno. Rasa gurih itu dari kuah kacang," kata Fauziah.

Kuliner Melayu bisa jadi memang serumpun. Meskipun namanya Mee Bandung yang pengucapannya sama dengan Mi bandung, namun tampilannya lebih menyerupai rendang. Silakan mencoba.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak video menarik pilihan berikut :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.