Sukses

Mengintip Rancangan Plaza Bawah Tanah Surabaya

Plaza bawah tanah Surabaya itu untuk menghubungkan antara Balai Pemuda dengan Jalan Yos Sudarso sisi timur sehingga pejalan kaki tidak perlu menyeberang.

Liputan6.com, Denpasar Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, menargetkan pembangunan pusat perbelanjaan atau plaza bawah tanah di kawasan Balai Pemuda selesai pada 2020. Pembangunan plaza untuk sisi Balai Pemuda tahun ini selesai, selanjutnya tahun depan pembangunan dikerjakan di sisi timur Jalan Yos Sudarso.

"Jadi, kami targetkan 2020 sudah jadi semuanya," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di Surabaya, Senin (8/10/2018) dilansir Antara.

Saat ini, lanjut dia, Pemkot Surabaya sedang membangun plaza bawah tanah di kawasan Balai Pemuda atau sisi barat Jalan Yos Sudarso sehingga ada penyempitan jalan di kawasan jalan tersebut.

Risma mengatakan plaza bawah tanah itu akan dibangun dua lantai ke bawah. Lantai satu akan dijadikan sebagai plaza atau pasar modern yang akan menjadi UKM center dan pusat oleh-oleh Surabaya.

Sedangkan di lantai dua akan dijadikan tempat parkir yang bisa menampung sekitar 150 kendaraan roda empat. "Jadi, ini bukan hanya sekadar pasar, tapi juga akan menjadi tempat berkumpul warga Surabaya," ujarnya.

Bahkan, di lantai itu juga akan ada tempat untuk pertunjukan hiburan atau pentas seni, misalnya wayang orang, ludruk dan sebagainya. Di seberangnya, juga akan ada pentas pantomim dan nonton film," katanya.

Pembangunan plaza di bawah tanah itu untuk menghubungkan antara Balai Pemuda dengan Jalan Yos Sudarso sisi timur sehingga pejalan kaki tidak perlu menyeberang di Jalan Yos Sudarso, tapi bisa menyeberang melalui jalan bawah tanah itu.

"Saya juga tidak ingin merusak pemandangan Balai Kota. Ini juga untuk membuka poros Balai Kota. Saya ingin tempat ini menjadi destinasi wisata baru di Kota Surabaya, menjadi plaza seperti di Korea," katanya.

Plaza bawah tanah itu didesain dengan elegan dengan konsep pemuda, sehingga diharapkan akan menjadi ruang untuk para pemuda berekspresi dan melakukan pementasan budaya.

Nantinya, lanjut dia, plaza bawah tanah itu akan dilengkapi tangga lebar dan eskalator. Bahkan, akan ada pula area relaksasi dengan fasilitas duduk. Pemandangannya diarahkan menghadap ke sisi Balai Kota Surabaya sehingga menambah keindahan kawasan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.