47 WNA Korban Gempa Palu Dievakuasi ke Makassar

Oleh Eka Hakim pada 01 Okt 2018, 20:24 WIB
Sejumlah bantuan logistik untuk korban gempa Palu dipusatkan di Asrama Haji Sudiang, Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Liputan6.com, Makassar - Sebanyak 47 Warga Negara Asing (WNA) yang semuanya berstatus mahasiswa berhasil dievakuasi keluar dari lokasi kejadian gempa Palu menuju Kota Makassar, Senin (1/10/2018).

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Hasanuddin, Mayor Sus Henny Purwani mengatakan mereka dievakuasi bersamaan dengan 270 orang lainnya korban gempa Palu menggunakan pesawat Hercules.

"WNA yang dievakuasi tersebut merupakan mahasiswa negara Thailand, Cina, USA, Kanada, Papua Nugini dan negara Timor Leste," kata Henny via pesan singkat.

Saat tiba di Bandara Lanud Hasanuddin Makassar, para WNA tersebut langsung dijemput oleh Atase Udara Thailand untuk Indonesia, Kolonel Prapas dan Atase Darat Thailand untuk Indonesia, Kolonel Pakorn.

"Turut juga hadir duta besar Thailand untuk Indonesia, Mr. Charnbhumidol dan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto," jelas Henny.

Sebelumnya, para WNA tersebut ikut dalam antrean calon penumpang pesawat Hercules bersamaan dengan ribuan korban gempa Palu lainnya di landasan Bandara Palu.

Proses evakuasi para korban gempa Palu menggunakan pesawat Hercules tersebut sempat tertunda lantaran diduga ribuan warga tak tahan mengantre karena ingin cepat-cepat diungsikan keluar dari Kota Palu dengan menerobos pagar landasan dan mengepung pesawat Hercules.

 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Live Streaming

Powered by