Sukses

Warga Sumbar Siapkan 800 Kg Rendang untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

Penggalangan bantuan untuk korban gempa Palu dan Donggala terus dilakukan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di Sumatera Barat.

Padang - Penggalangan bantuan untuk korban gempa Palu dan Donggala terus dilakukan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di Sumatera Barat. Sama halnya saat terjadi gempa Lombok, Pemprov Sumatera Barat kembali akan mengirimkan bantuan berupa rendang untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Penggalangan bantuan rendang kembali dikumpulkan di satu titik, yaitu Sekretariat BPBD Sumbar. "Alhamdulillah, dalam daftar sudah terkumpul 800 kg (rendang)," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur kepada JawaPos.com, Senin (1/10/2018).

Selain OPD, bantuan rendang untuk korban gempa Palu juga mengalir dari berbagai lapisan masyarakat. Bagi warga yang ingin menyumbangkan rendang, diimbau langsung mengantarnya ke kantor BPBD Sumbar. "Belum tahu kapan diantar. Sekarang kami himpun dulu dan secepatnya diantar ke Sulawesi," terang Rumainur.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menambahkan, donasi rendang untuk korban gempa Palu dan tsunami di Sulteng ditargetkan mencapai 1 ton. Soal pengiriman, Pemprov Sumbar berkoordinasi dengan maskapai penerbangan Garuda. "Bagaimana teknis pengirimannya, nanti kami tindaklanjuti. Kini kami kumpul sebanyak-banyaknya dulu," terang Nasrul.

Selain rendang, Pemprov Sumbar akan menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 350 juta. Baznas Sumbar juga akan memberikan donasi sebesar Rp 500 juta. "Kami juga menanti bantuan pakaian layak pakai, seragam sekolah, alat tulis dari masyarakat Sumbar. Ini duka kita bersama," ucap Nasrul Abit.

Soal warga Sumbar di Sulawesi apakah ada yang menjadi korban bencana gempa Palu, Nasrul mengaku belum mendapat kabar. "Belum ada laporannya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat informasi tentang keberadaan perantau Minang di Sulteng kami peroleh," ucap Nasrul Abit.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.