Sukses

Dikabarkan Jadi Korban Gempa, Begini Kondisi Terkini Wali Kota Palu

Saat gempa terjadi, Wali Kota Palu, Hidayat sedang meninjau persiapan Festival Palu Nomoni, acara tahunan untuk merayakan hari jadi Kota Palu.

Liputan6.com, Palu - Kabar meninggalnya Wali Kota Palu, Hidayat, menjadi buah bibir sejak gempa menerjang Bumi Tadulako pada Jumat, 28 September 2018 lalu. Kabar itu tersebar luas dari satu grup ke grup lainnya di aplikasi WhatsApp.

Ternyata, kabar meninggalnya orang nomor satu di Kota Palu itu tidak benar. Mawaddah, salah seorang korban gempa mengatakan bahwa Hidayat sempat terlihat memantau kondisi warganya sesaat setelah gempa dan tsunami menerjang ibu kota Sulawesi Tengah itu.

"Ah bohong dorang (dia orang), saya masih sempat lihat Pak Wali kemarin pantau warga," kata Mawaddah saat dikonfirmasi Liputan6.com Minggu malam, (30/9/2018).

Hal senada diungkapkan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan. Hinca memastikan bahwa Wali Kota Palu saat ini dalam kondisi baik.

Berita simpang siur bahwa Wali Kota Palu meninggal dunia sudah terkonfirmasi ketidakbenarannya. "Wali Kota Palu, Pak Hidayat dalam kondisi sehat," tulis Hinca di akun Twitter miliknya, @Hincapandjaitan.

Hinca pun berharap agar kabar meninggalnya Hidayat tidak lagi disebarluaskan. Menurutnya, penyebaran berita bohong itu hanya akan meresahkan warga terdampak bencana di sana.

"Hentikan meneruskan pesan-pesan yang tidak benar, ini hanya membuat kegelisahan berkepanjangan di sana. Kita doakan yang terbaik," harapnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, Wali Kota Palu, Hidayat saat gempa menerjang Palu memang berada di sekitar Pantai Talise. Pantai Talise adalah lokasi pantai yang diterjang tsunami.

Saat itu, Hidayat sedang meninjau persiapan Festival Palu Nomoni. Acara tahunan untuk merayakan hari jadi Kota Palu.

Saat getaran mulai terasa, dengan sigap anggota Satpol PP yang mengawal Hidayat membawa Wali Kota Palu itu ke dataran yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri.

Setelah kondisi berangsur membaik, Hidayat kemudian segera memantau kondisi warganya yang menjadi korban gempa dan tsunami.

Belakangan sebuah foto Hidayat sedang tertidur di sofa beredar. Foto tersebut diberi keterangan "Alhamdulillah Walikota Palu Sehat setelah cek semua warga kota Palu yang kena musibah. Beliau baru bisa istirahat sejenak," tulisan dalam foto itu menjelaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.