Sukses

Terpeleset, Seorang Pendaki Gunung Slamet Jatuh ke Jurang

Karena jurang di jalur pendakian Gunung Slamet tersebut cukup dalam, teman-teman korban tidak mampu mengevakuasi Safiq.

Liputan6.com, Purbalingga - Seorang pendaki jatuh ke jurang saat turun dari puncak Gunung Slamet pada Rabu, 26 September 2018. Korban yang mengalami luka-luka telah dievakuasi, kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Prayitno.

"Korban yang diketahui bernama Safiq Fadilah (15) merupakan santri Pondok Pesantren Nurul Huda, Kutasari, Purbalingga," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (27/9/2018) pagi, dilansir Antara.

Ia mengatakan, berdasarkan data di Pos Pendakian Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, korban bersama enam rekannya berangkat mendaki Gunung Slamet pada Selasa, 25 September pukul 13.00 WIB.

Menurut dia, rombongan tersebut berhasil mencapai puncak Gunung Slamet pada Rabu (26/9), pukul 05.00 WIB. Kemudian, mereka turun dari puncak pada pukul 07.30 WIB.

Akan tetapi dalam perjalanan turun, Safiq terpeleset dan jatuh ke jurang sehingga teman-teman korban berusaha menolong. Karena kedalaman jurang tersebut diperkirakan mencapai kisaran 5-7 meter, teman-teman korban tidak mampu mengevakuasi Safiq.

"Mereka akhirnya meninggalkan korban dan turun ke Pos Bambangan untuk meminta bantuan," kata Prayitno.

Terkait dengan adanya laporan dari rombongan pendaki, kata dia, pihaknya melalui Pos Bambangan memberangkatkan 10 personel SAR dan petugas pos pendakian itu ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi pada Rabu pukul 13.00 WIB.

Ia mengatakan korban yang mengalami luka-luka berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan pada pukul 21.00 WIB.

"Sesampainya di Pos Bambangan, korban segera dibawa ke Puskesmas Karangreja untuk mendapatkan perawatan karena mengalami sejumlah luka," ujar Prayitno.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.