Sukses

Pramuka Pilih 'Kakak' Baru, Siapa Kandidat Terkuat?

Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2018 digelar hari ini, Rabu (26/9/2018) di Kota Kendari.

Liputan6.com, Jakarta Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2018 digelar hari ini, Rabu (26/9/2018) di Kota Kendari. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault membuka langsung forum tertinggi Pramuka itu.

Sebanyak 34 Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) seluruh Indonesia hadir. Digelar di Grand Clarion Hotel and Convention Kendari, Munas dijadwalkan berlangsung hingga 29 September mendatang.

Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault mengatakan, Munas Pramuka 2018 menekankan fokus terhadap pembentukan kader pemimpin bangsa. Hal ini, sesuai semangat Munas 2018, Pramuka sebagai wadah utama pembentukan kader pemimpin bangsa.

"Kami ingin menjadikan forum ini sebagai fondasi untuk membentuk kader pemimpin bangsa yang kredibel, berkarakter dan berkualitas," ujar Adhyaksa Dault.

Adhyaksa menambahkan, Munas Pramuka 2018 akan memilih pemimpin baru periode 2018-2023. Dalam prosesnya, akan mengedepankan suasana kekeluargaan dan mufakat. 

"Kita semua adalah keluarga besar Pramuka. Persatuan dan kekeluargaan selama Munas adalah yang nomor satu," katanya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengatakan Munas Pramuka yang digelar di Kota Kendari diharapkan mampu melahirkan pemimpin tangguh. Sebab, di dalam Pramuka merupakan wadah penggemblengan kader mulai dari siswa hingga pemuda.

"Di dalam Pramuka, ada Dasa Dharma Pramuka yang memiliki nilai luhur yang luar biasa. Jika itu bisa dilakukan dan diamalkan pada ajang ini, sangat luar biasa," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.