BI Optimis Pertemuan IMF-World Bank Bakal Genjot Perekonomian Bali Tahun Ini

Oleh Dewi Divianta pada 22 Sep 2018, 07:02 WIB
bank indonesia

Liputan6.com, Denpasar - Pertemuan IMF-World Bank pada Oktober depan rupanya membawa dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Pulau Bali. Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali, Causa Iman Karana memprediksi perekonomian Bali akan tumbuh pada tahun ini di kisaran angka antara 5,9 persen hingga 6,3 persen.

Ada dua faktor utama yang membuat pertumbuhan ekonomi Bali melonjak tajam. Pertama, telah pulihnya kondisi pariwisata Bali pascakrisis Gunung Agung. Saat ini, kondisi pariwisata Bali dalam tahan recovery usai dihantam bencana erupsi Gunung Agung.

"Hingga Agustus 2018 ada 4,1 juta turis yang masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Belum lagi yang masuk melalui pintu lainnya. Itu salah satu pendorong pertumbuhan perekonomian Bali," kata Iman saat dialog di Kantor Ombdusman Provinsi Bali, Jumat, 21 September 2018.

Faktor kedua yang mendorong pertumbuhan ekonomi Bali adalah pertemuan Annual Meeting IMF-World Bank yang akan diselenggarakan pada bulan depan. Event tahunan itu, Iman melanjutkan, akan mendorong perekonomian Bali dari tiga sisi yakni, konsumsi, investasi, dan ekspor-impor.

Dari aspek konsumsi, Iman meyakini para delegasi yang hadir akan berbelanja cukup besar di Bali. Sementara dari sisi investasi, ada banyak penanaman modal di bidang infrastruktur sebagai bagian dari penyelenggaraan pertemuan bergengsi tersebut. Investasi itu di antaranya Underpass Ngurah Rai, perluasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, perbaikan TPA Suwung dan beberapa proyek lainnya.

Sementara dari sisi ekspor-impor, menurut Iman, turis asing akan semakin banyak datang ke Bali. "Itu juga kan bagian daripada ekspor jasa yang ada di Bali. Semua akan bergerak. Faktor-faktor itu yang kita yakini akan mendorong perekonomian Bali tumbuh menjadi 5,9-6,3 persen pada tahun ini. Kami meyakini pertumbuhan ekonomi Bali di atas 6 persen dan lebih baik dari tahun lalu," urainya.

Simak video pilihan berikut ini:

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video
Puput MelatiPuput Melati

Situs Agen Poker Dan Domino QQ Online Poker Ajaib Yang Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia Susah Mendapatkan Uang Masuk? Nah, Sudah Banyak Yang Membuktikan Hanya Klik Dibawah Ini https://is.gd/11D37r Dengan Hitungan Menit Saja Anda Sudah Bisa Menjadi Miliarder

Yohanna LieYohanna Lie

Suka Main Game??? Begabunglah bersama IndoPK Hanya Minimal DP & WD 10.000 Anda Bisa Bermain 6 Game Yang Sangat Diminati BBM: 2BA2EB3B WA : +6282297638024