Cerita Puluhan Warga Mulyorejo Keracunan Usai Santap Soto Kecut

Oleh Yanuar H pada 20 Sep 2018, 11:01 WIB
Diperbarui 20 Sep 2018, 11:01 WIB
Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Yogyakarta - Sekitar 33 warga Mulyorejo RT 62 RW 16 Lowano, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, menjadi korban keracunan makanan dan dilarikan ke RS Jogja.

Kapolsek Umbulharjo Kompol Alaal Prasetyo langsung mendatangi RS Jogja setelah mendapat informasi dari warga. Dugaan sementara warga yang keracunan setelah mengkonsumsi makanan soto dan bubur kacang ijo.

"Ada warga yang keracunan ya kita cek kan. Tidak ada korban kritis Hasil sementara itu makan soto sama kacang ijo. Kalo dari rasanya kecut dua duanya. Soto rasanya kecut burjonya rasanya pahit," katanya Rabu 19 September 2018.

Alaal mengatakan, makanan soto dan kacang ijo itu didapat dari kegiatan pemeriksaan anak dan lansia yang digelar Selasa (18/9) sore. Peserta mendapat bingkisan berupa makanan dari penyelenggara.

"Kemarin pagi, acaranya sore. Rata rata dibawa pulang. Ini masih ada korban lagi kita ga tau kan," katanya.

Menurut Alaal, dalam kegiatan itu, pemberi makanan atau yang masak makanan berdasarkan giliran kelompok. 

"Warga sendiri yang masak tapi kita belum tahu itu bumbu instan atau racikan sendiri kita belum dapat siapa yang masak," ujar dia.

Alaal melanjutkan, selama tidak ada laporan warga dalam keadaan kritis dan meninggal dunia kepolisian tidak akan mengusut kasus tersebut.

"Kami dari kepolisian hanya mengontrol. Semua terselamatkan ada warga yang merasa keberatan kami menunggu. Jika memang ada yang merasa keberatan kami menunggu. Saat ini belum ada laporan," katanya. 

2 dari 2 halaman

Korban Demam

Suryani, warga RT 62 mengatakan ia dan anaknya Seril (3) datang ke acara Posyandu yang digelar warga. Makanan pemberian pun dibawa ke rumah.

"Awalnya ngga apa-apa, tapi paginya Seril mengalami demam sampai 40 derajat, muntah-muntah dan diare," katanya.

Melihat anaknya mengalami gejala seperti keracunan, Suryani langsung membawa anaknya ke Puskesmas terdekat. Suryani sendiri mengaku mengalami diare sejak mengkonsumsi makanan dari kegiatan Posyandu.

"Karena masih muntah-muntah terus, kami bawa ke RS Jogja," katanya.

Sementara itu, Plt Direktur RS Jogja sekaligus Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Jogja Agus Sudrajat mengatakan, hingga Rabu sore tercatat 33 warga datang ke rumah sakit tersebut.

"33 orang sampai saat ini kondisinya banyak membaik yang dirawat tinggal satu lainnya sudah pulang semoga yang dirawat cepat pulang," katanya.

Agus belum dapat menjelaskan secara detail terkait makanan yang menyebabkan warga Mulyorejo tersebut keracunan. Namun pihaknya melihat kondisinya karena keracunan apa masih perlu dilihat lebih lanjut.

"Teman teman lapangan baru turun di lapangan ini baru cari tahu penyebabnya apa. Apa karena soto atau bukan kita belum berani tapi tanda tandanya keracunan," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓