Sukses

Yuk Cuci Mata, Lihat Mojang Jabar Kawal Kepala Daerah Terpilih Jelang Pelantikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin pelantikan Bupati dan Wali kota terpilih di Jabar yang akan digelar pada Kamis (20/9/2018) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan memimpin pelantikan bupati dan wali kota terpilih hasil Pilkada Serentak di Jabar yang akan digelar pada Kamis (20/9/2018) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

"Alhamdulillah surat dari Kemendagri sudah kita terima dan sudah dilaporkan kepada Bapak Gubernur Ridwan Kamil yang nanti akan memimpin langsung sesi Pelantikan," ujar di Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa dalam keterangan tertulisnya, Rabu 19 September 2018.

Kepala Daerah terpilih yang akan dilantik besok di antaranya Wali kota dan Wakil Wali kota Bandung, Bekasi, Sukabumi, Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, Purwakarta, dan Sumedang.

Berdasarkan jadwal, kepala daerah akan melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka. Selama historical walk tersebut, masing-masing Bupati dan Wali kota akan didampingi lima pasang Mojang Jajaka Jabar dengan total 60 orang serta 100 Paskibraka.

"Karena ini hasil Pilkada Serentak, jadi kami sedang menunggu konfirmasi dari Kemendagri untuk kehadiran Bapak Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo," jelas Iwa.

"Gelaran ini tentu bukan hanya sekedar pelantikan biasa, karena ini serentak tahap pertama se-Indonesia jadi kami akan menampilkan upacara penyambutan berupa tarian tradisional (kolaborasi berbagai daerah) Jawa Barat agar ada kekhasan khusus," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permohonan Maaf

Upacara pelantikan akan berlangsung pukul 09.00 sampai 10.30. Usai pelantikan, para Kepala Daerah akan berpawai menggunakan 14 delman menuju Gedung Sate dengan rute Gedung Merdeka - Cikapundung - Braga - Viaduct - Wastukencana - Riau - Dago - Sulanjana - Dipenogoro. 

"Sebelumnya saya ucapkan mohon maaf untuk masyarakat khususnya Kota Bandung, dalam prosesi pelantikan ini tentu jalan-jalan yang menjadi rute arak-arakan tadi akan terjadi sedikit kemacetan," sambung Iwa.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Provinsi Jawa Barat Emma Kusuma menambahkan proses pelantikan Kepala Daerah Kabupaten/Kota akan dilakukan bertahap berdasarkan Surat Kemendagri No 270/720 tanggal 29 Januari 2018.

"Untuk pelantikan tahap pertama akan dilaksanakan besok tanggal 20 September 2018 yang terdiri dari Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Purwakarta," katanya. 

Tahap kedua tanggal 26 Desember 2018 untuk Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Subang.

"Tahap ketiga tanggal 14 Maret 2019 Kepala Daerah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Garut. Serta tahap keempat tanggal 6 Juni 2019 untuk Kabupaten Cirebon, Kabupaten Ciamis dan Kota Bogor," papar Emma.

Simak video pilihan beirkut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.