Sukses

Delman dan Bandros Kawal Kirab Pelantikan Wali Kota Bandung

Sebanyak 14 delman dan tujuh Bandros akan digunakan dalam prosesi pasca-pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Oded Danial dan Yana Suryana.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 14 delman serta tujuh unit Bandros (Bandung Tour on Bus) akan dikerahkan pada prosesi kirab pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung 2018 - 2023, yakni Oded Danial dan Yana Mulyana. Prosesi kirab dilakukan usai pelantikan di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Bandung, Kamis, 20 September 2018.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kota Bandung, Kamalia Purbani, acara pelantikan wali kota dan wakil wali kota akan dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, wali kota dan wakil wali kota beserta pejabat lainnya akan diarak menggunakan delman dan bandros menuju Gedung Sate.

"Itu proses berlangsung sekitar 1,5 jam. Dari mulai pembacaan, pengambilan sumpah dan sebagainya, diperkirakan selesai pukul 10.30 WIB. Sebelumnya, nanti kepada daerah itu melakukan 'historical walk' dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka," kata Kamalia, Bandung, Selasa, 18 September 2018.

Kamalia menjelaskan untuk rute kirab seusai acara pelantikan yaitu, Gedung Merdeka - Cikapundung - Braga - Wastukancana - Riau - Dago - Diponegoro dan berakhir di Gedung Sate. Terkait serah terima jabatan dari Wali Kota definitif kepada Wali Kota yang telah dilantik, Kamalia mengatakan akan menyesuaikan dengan agenda Gubernur Jawa Barat.

"Rencananya, Jumat (21/9/2018) atau Selasa (25/9/2018) pas Hari Jadi Kota Bandung (HJKB). Opsi lain yaitu pada Kamis (27/9/2018). Kita berikan opsi itu, pertimbangan usulan dewan dan menyesuaikan agenda Gubernur maupun pimpinan," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Historical Walk

Kamalia menerangkan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung periode 2018-2023, akan diawali dengan prosesi historical walk atau napak tilas menyusuri gedung-gedung bersejarah yang ada di Kota Kembang tersebut.

"Sebelumnya, nanti kepada daerah itu, melakukan 'historical walk' dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka," ujar Kamalia.

Kamalia mengatakan, sepanjang jalur historical walk akan dibarikade oleh pasangan mojang jajaka yang berasal dari masing-masing daerah yang memiliki kepala daerah baru. Selain itu juga Paskibraka dari Pemprov Jabar turut meramaikan acara tersebut.

Usai melakukan "Historical Walk", Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan langsung melantik para kepala daerah pada pukul 09.00 WIB.

Selain Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat juga akan melantik Bupati Kabupaten Bandung Barat, Wali Kota Bekasi, Bupati Kabupaten Purwakarta, Wali Kota Sukabumi, dan Bupati Kabupaten Sumedang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.