Sukses

Semburan Api dari Pipa Gas Milik Chevron Sempat Bikin Panik Warga

Apinya setinggi tiga meter membumbung ke udara. Lokasi pipa bocor itu di jalan lintas Pekanbaru-Kota Dumai.

Liputan6.com, Pekanbaru - Pipa milik PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) di pinggir jalan daerah Duri, Kabupaten Bengkalis, mengalami kebocoran sehingga menyemburkan api besar. Api membumbung tinggi ke udara itu membuat jalanan macet dan warga diminta menjauh supaya hal yang tak diinginkan terjadi.

Kapolres Bengkalis Ajun Komisaris Besar Yusup Rahmanto SIK menjelaskan, kejadian itu berlangsung pada Minggu, 16 September 2018 petang. Pihak CPI sudah berkoordinasi dengan polisi untuk menangani semburan api ini.

"Apinya setinggi tiga meter membumbung ke udara. Lokasi di jalan lintas Pekanbaru-Kota Dumai (Balai Raja), Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis," katanya, Minggu malam.

Menurut Yusup, petugas CPI sudah menutup ataupun mengisolasi aliran gas di pipa berukuran besar itu. Tindakan ini diyakini ampuh memadamkan api karena sumbernya sudah tak ada lagi.

"Keran gas sudah ditutup, tinggal menunggu gasnya habis," ucap Yusup.

Saat kejadian, semburan api begitu dekat dengan dengan aspal jalan. Warga yang akan lewat pada saat kejadian dialihkan ke jalur altenatif. Petugas juga memblokir jalan supaya tak dilalui karena sangat membahayakan.

Hingga kini, penyebab kebocoran pipa ini masih misterius. Yusup juga menyebut masih menunggu pemeriksaan oleh teknisi CPI di lapangan.

Pejabat sementara Manager Corporate, Villya Rompis, dikonfirmasi wartawan menyebut api muncul pukul 17.00 WIB. Dia menyebut pipa yang bocor berukuran 10 inci dan posisinya ada di Desa Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

"Begitu informasi diperoleh, perusahaan juga mengirim tim pemadam kebakaran dan berupaya mematikan aliran gas," katanya.

Apa yang menyebabkan pipa ini bocor, Villya menyebut kejadian ini masih diselidiki. Dia pun menyatakan saat ini petugas fokus menangani kejadian di lapangan agar meminimalisasi dampak terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Hingga saat ini, PT CPI belum menerima adanya laporan mengenai korban jiwa maupun cedera. Koordinasi dengan pihak-pihak terkait terua dilakukan untuk menangani kejadian ini secara baik," jelasnya.

Insiden bocornya pipa gas PT CPI tersebut saat ini sedang viral di kalangan pengguna media sosial di Riau. Berdasarkan beberapa video yang diunggah, terlihat api membumbung tinggi di sekitar lokasi, dengan suara semburan gas disertai api menyala tinggi.

Sejumlah warga yang melintas tampak menjauh dari lokasi kejadian. Sementara petugas kepolisian berupaya mengalihkan arus lalu lintas.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.