Sukses

Sahabat Jokowi Gelar Bancakan Selapanan Untuk Sang Cucu Presiden

Sejumlah sahabat Jokowi di Solo menggelar mangayubagyo bancakan selapanan cucu kedua Presiden Jokowi, Sedah Mirah Nasution

Liputan6.com, Solo Sejumlah relawan Jokowi yang tergabung dalam Sahabat Jokowi menggelar acara mangayubagyo bancakan selapanan cucu Presiden Jokowi, Sedah Mirah Nasution. Bahkan, ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo ikut hadir dalam acara selapanan itu.

Acara tersebut dilakukan di markas Sahabat Jokowi di Badran, Kottabarat, Solo, Selasa, 1 September 2018. Selain para relawan, anak-anak di sekitar kediaman tersebut juga turut hadir untuk mengikuti acara bancakan selapanan.

Kehadiran ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo didampingi oleh salah satu putrinya, Titik Ritawati. Kedatangan Sujiatmi langsung disambut oleh para Sahabat Jokowi  yang salah satunya aktor lawas, Pong Harjatmo.

Prosesi acara selapanan itu ditandai dengan pemotongan nasi bancakan pertama oleh ibunda Presiden Jokowi. Selanjutnya, potongan nasi itu diberikan kepada perwakilan anak-anak yang hadir dalam acara tersebut.

Sujiatmi Notomiharjo mengaku sangat senang karena para  Sahabat Jokowi menggelar bancakan selapan untuk cicitnya yang merupakan putri dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Selapan merupakan tradisi orang Jawa untuk mempringati 35 hari dari kelahiran sang bayi.

"Terima kasih kepada Bu Baningsih (koordinator Sahabat Jokowi) yang telah mbancaki cicit saya. Kalau orang dulu pasti ada acara selapanan untuk putra-putrinya. Keluarga sendiri juga menggelar bancakan di Jakarta," kata dia di Solo, Selasa, 11 September 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Eyang Buyut Untuk Sang Cicit

Dalam kesempatan itu, Eyang Buyut dari Sedah Mirah itu mendoakan yang terbaik kepada cicitnya yang nomor dua itu. Bahkan, ia berharap cicitnya tersebut menjadi anak yang salehah dan berguna bagi banga dan negara.

"Kalau besar nanti jadi anak berbakti kepada orang tua dan menjadi anak yang baik budi pekerti serta sopan santun,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Sahabat Jokowi, Baningsih Tedjokartono mengatakan acara tersebut digelar sebagai wujud perhatian kepada keluarga Presiden Jokowi. Selain itu bancakan selapanan itu digelar untuk ikut melestarikan adat tradisi Jawa.

"Kita sebagai masyarakat Jawa bangga bisa ikut melestarikan tradisi selapanan ini. Jangan sampai tradisi seperti ini dilupakan,” ujar dia.

Dengan bancakan selapanan itu, Baningsih pun berharap cucu Presiden Jokowi itu menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Selain itu, ia juga mendoakan supaya kelak Sedah menjadi anak yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa. "Kita berdoa yang terbaik untuk Sedah Mirah Nasution," harapnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan mangayubagyo bancakan selapanan cucu Presiden Jokowi itu dihadiri oleh puluhan sahabat Jokowi yang tinggal di wilayah Solo dan sekitarnya. Mereka pernah memiliki pengalaman dengan mantan Wali Kota Solo itu.

"Saya sendiri bersama dengan Pak Jokowi ketika sama-sama sebagai pengusaha mebel sejak 1995. Semua yang datang ini sahabat Pak Jokowi dan punya memori dengan beliau," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini