Sukses

Sail Moyo Tambora Jadi Momentum Kebangkitan NTB Usai Gempa Lombok

Sail Moyo Tambora yang berlangsung 9-23 September 2018 menjadi momentum penting dalam memulihkan NTB pasca-gempa Lombok.

Liputan6.com, Lombok - Sail Moyo Tambora yang berlangsung 9-23 September 2018 di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat akhir pekan kemarin, menjadi momentum penting untuk memulihkan NTB pasca-gempa Lombok.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat pembukaan Sail Moyo Tambora di Sumbawa, NTB, akhir pekan kemarin, di hadapan peserta Yacht Rally Internasional dari berbagai negara,.

Luhut menambahkan, Sail Moyo Tambora punya arti penting bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi masyarakat NTB. Luhut hadir menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan. 

"Saya apresiasi acara ini yang diisi dengan bakti sosial untuk meringankan beban saudara-saudara kita. Sail Indonesia ini awalnya dilakukan untuk mempercepat pembangunan daerah-daerah tertinggal, tetapi seiring perkembangannya penyelenggaraanya lebih ditekankan pada pengembangan destinasi pariwisata," kata Luhut lewat keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin 10 September 2018.

Luhut menuturkan, pemerintah berkomitmen menggenjot pariwisata Indonesia bahkan menargetkan kunjungan 20 juta wisman masuk Indonesia. Dia juga menekankan bahwa perekonomian Indonesia tidak goyah meski nilai dolar AS sedang menguat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, infrastruktur terus dibangun untuk kelancaran aktivitas perekonomian dan pariwisata di Sumbawa. Pembangunan di antaranya meliputi Terminal Bandara Sultan Mahmud Kaharuddin III dan Jembatan Samota yang menjadi pintu gerbang wisata Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora.

"Sail Moyo Tambora 2018 ini merupakan event tahunan Sail Indonesia yang bertujuan mempercepat pembangunan dan mempromosikan potensi wisata maritim di Indonesia," ujar Menhub Budi.

Sementara, Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi yang juga memberikan sambutan dalam acara ini berharap, event ini menjadi awal pembangunan pariwisata di Kabupaten Sumbawa, khususnya NTB.

"Diharapkan Opening Ceremony Sail Moyo Tambora menjadi awal memulainya pembangunan pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Kawasan SAMOTA, antara lain Teluk Saleh Moyo dan Tambora dapat menjadi masa depan Pariwsata NTB," kata Gubernur TGB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.