Terduga Teroris Penembak Polisi di Tol Pejagan Cirebon Dimakamkan di Tanah Minang

Oleh Liputan6.com pada 08 Sep 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 10 Sep 2018, 09:13 WIB
Jenazah

Liputan6.com, Padang - Jenazah terduga teroris yang menjadi pelaku penembakan dua anggota polisi Patroli Jalan Raya (PJR) di Tol Pejagan, Cirebon, beberapa waktu lalu, IC, sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat pada Jumat, 7 September 2018.

Kedatangan jenazah sekitar pukul 18.00 WIB tersebut, disambut dua orang anggota keluarga yang datang langsung ke Terminal Kargo bandara. Meskipun demikian, mereka secara halus menolak untuk diwawancarai, karena sedang dalam suasana duka.

Dilansir Antara, setelah dari bandara, jenazah terduga teroris langsung dibawa menggunakan mobil ambulans menuju Solok untuk dikebumikan. Kampung halamannya memang berada di Jorong Lambah, Nagari Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok.

Almarhum langsung dimakamkan di tempat pemakaman keluarganya, kawasan Nagari Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) sekitar pukul 20.00 WIB, Jumat malam.

Dari informasi, jenazah IC yang diantar ambulans Baznas Kota Padang dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) tidak sempat diturunkan ke rumah duka, melainkan langsung diantar ke lokasi pemakaman. Pasalnya, keluarga telah mempersiapkan lahat untuk terduga teroris ini setelah mendapat informasi jasadnya akan dipulangkan ke kampung halaman.

Sebelumnya, IC terpaksa ditembak lantaran melawan petugas dengan menggunakan senjata jenis revolver hasil rampasan, ketika hendak ditangkap beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selain IC, petugas juga menembak mati Rajendra Sulistiyanto yang juga berusaha melawan. Menurut keterangan polisi, keduanya merupakan Jaringan Ansarut Daulah (JAD) Cirebon.

IC diketahui merupakan kakak kandung dari RZ dan RA yang ditangkap Densus 88 Antiteror Mabes Polri di kediamannya di Lembang Jaya, Solok, pada Senin, 3 September 2018.

Hingga saat ini, belum diketahui sejauh mana keterlibatan RZ dan RA dalam peristiwa penembakan dua anggota polisi Patroli Jalan Raya (PJR) di Tol Pejagan Cirebon itu. Keduanya dibawa tim Densus 88 ke Jakarta untuk diproses lebih lanjut.

Saksikan video pilihan berikut ini: