Sukses

Berburu Bunga Eceng Gondok Cantik di Taman Cinta Teluk Jering

Eceng gondok yang selama ini menjadi gulma mengganggu perairan malah mendatangkan berkah bagi warga di sekitar Teluk Jering, Kampar.

Liputan6.com, Pekanbaru - Melancong berburu eceng gondok? Anda bisa melakukannya di Teluk Jering yang berlokasi di Kabupaten Kampar, Riau. Disebut teluk karena lokasi itu memiliki hamparan pasir luas seperti pantai yang diapit beberapa pulau kecil dan dialiri sungai.

Setiap akhir pekan, ratusan orang berkunjung ke lokasi ini. Dari awalnya tempat biasa, lokasi ini kian digandrungi setelah dilirik Dinas Pariwisata (Dispar) Riau. Berbagai event digelar di sana untuk meningkatkan kunjungan turis.

Lokasi itu kemudian dipermak. Terakhir, Dispar bekerja sama dengan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Riau, menciptakan pasar digital di sana. Sebuah pasar yang diciptakan untuk berfoto ria lalu disebar ke media sosial.

Di lokasi ini, ada satu spot menarik yang diberi nama Taman Cinta karena dipenuhi hamparan bunga dan disebut mirip dengan taman bunga di Belanda. Bukan tulip atau lavender, bunga yang menjadi latar ternyata bunga eceng gondok yang merupakan gulma dan merusak lingkungan.

Di destinasi pasar digital Teluk Jering, tumbuhan yang bernama latin Eichhornia crassipes itu dimanfaatkan oleh pengelola dan pengunjung sebagai primadona lokasi foto.

Tumbuhan eceng gondok di kawasan pasar Teluk Jering tumbuh di atas tanah basah, luasnya sekitar 75 meter persegi. Bunganya yang berwarna ungu menjadi ciri khas, menjadi magnet kuat bagi wisatawan yang datang untuk berswafoto di lokasi tersebut.

Hamparan bunga ini bahkan mencuri perhatian aktris Tyas Mirasih. Pada Minggu pagi, 2 September 2018, perempuan yang dikenal ratunya FTV itu ini menyempatkan diri berkunjug dan mengabadikan momen di lokasi Instagramable itu.

Menurut aktris yang pernah tampil di film layar lebar berjudul Air terjun pengantin dan Ratu Kostmopolitan, Tyas Mirasih (31), berfoto dengan latar belakang bunga eceng gondok di Teluk Jering hampir mirip di negara Belanda dan di Korea.

"Bedanya di negara tersebut ditanam tersusun rapih berwarna warni. Tanaman enceng gondok warnanya ungu, bagus untuk foto-foto. Kalau di luar negeri seperti di Belanda, atau di korea. Jadi nggak perlu lagi jauh jauh ke luar negeri, datang aja ke Teluk Jering," ungkap Tyas Mirasih, dalam caption foto @tyasmirasih dengan jumlah 1,8 juta orang follower itu.

Setelah Tyas mengunggahnya, foto tersebut telah disukai sekitar 18 ribu warganet dan ratusan komentar. "Hari Minggu ini kita jalan-jalan ke Destinasi digital pasar Teluk Jering Riau. Dan tidak lupa foto dispot bunga eceng gondok yang bagus banget ini," tulisnya lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Setiap Saat Ada

Sementara itu, Kepala Dispar Riau Fahmizal Usman menjelaskan, masyarakat Teluk Jering menyebut spot foto itu dengan Taman Cinta. Lokasi ini tak selalu ada, hanya pada waktu tertentu saja.

"Jadi bila wisatawan ingin berfoto di tempat itu, beberapa hari ke depan atau minggu ini adalah waktu yang tepat, karena tidak setiap saat dapat ditemui," kata Fahmizal, Selasa petang, 4 September 2018.

Dia menjelaskan, destinasi pasar digital ini diresmikan Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman pada 26 Agustus 2018. Destinasi ini digerakan oleh komunitas penggiat wisata yang aktif di dunia digital, khususnya media sosial.

"Dengan sentuhan kaum milenial yang kreatif, diharapkan dapat memberi kontribusi bagi perekonomian masyarakat secara langsung," kata Fahmizal mengingat sambutan gubernur kala itu.

Menurut Fahmizal, lokasi ini tidak hanya menjadi destinasi lokal, tetapi juga menjadi destinasi bagi wisatawan mancanegara.

"Pasar ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi masyarakat sekitar secara nyata yang dikreasikan oleh kaum milenial yang kreatif, memiliki spot fotogenik," terangnya.

Fahmizal menyebut Kepala Bidang Area 3 Regional 1, Kementerian Pariwisata RI, Ramlan Kamarullah, memberikan dukungan dan apresiasi kepada kegiatan ini.

"Kaum milenial yang datang mengunjungi tempat ini, bisa mengunggah hasil-hasil fotonya ke media sosial karena lokasinya Instagramable," ucap Fahmizal.

Bagi yang berminat, dari Pekanbaru ke lokasi yang terletak di Kecamatan Tambang ini tak sampai sejam. Dari Pekanbaru, cukup melaju ke jalan lintas arah Kuantan Singingi. Beberapa kilometer akan terlihat lokasi ini dari pinggir jalan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.