Sukses

Potret Senja yang Menakjubkan di Gua Sunyaragi Cirebon

Gua Sunyaragi Cirebon salah satu destinasi wisata unggulan Kota Cirebon tersebut menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi

Liputan6.com, Cirebon - Situs Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon menyimpan banyak cerita. Mulai dari peninggalan sejarah, hingga mitos yang di setiap gua di lokasi tersebut.

Salah satu destinasi wisata unggulan Kota Cirebon tersebut menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi. Terutama setiap akhir pekan dan libur panjang.

Namun, ada yang menarik yang luput dari pandangan mata pengunjung saat berwisata di Gua Sunyaragi. Sepotong senja nampak indah dan menawan dilihat dari Gua Sunyaragi.

"Kami biasanya datang hanya sebatas melihat peninggalan yang ada di Gua Sunyaragi tapi pas bertahan sampai sore ada pemandangan berbeda," kata salah seorang pengunjung Gua Sunyaragi Cirebon, Lida, Selasa (4/9/2018).

Di atas Gua Peteng terdapat Cungkup Gua Puncit atau menara pengawas Kesultanan Cirebon. Lokasi ini menjadi salah satu tempat pengunjung dapat menikmati senja Gua Sunyaragi.

Matahari turun secara perlahan sejak pukul 16.00 WIB di antara tumpukan bangunan asli Gua Sunyaragi. Langit yang mengelilingi bangunan gua perlahan juga mulai meredup.

Lida mengaku sengaja datang bersama teman-temannya menjelang sore hari. Dia penasaran dengan banyaknya informasi yang diperoleh tentang senja di Gua Sunyaragi Cirebon.

"Sempat bingung cari sudut gambar yang bagus akhirnya dapat juga," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jam Wisata

Pengunjung lain, Arifin mengaku, takjub melihat senja yang menghiasi situs Gua Sunyaragi. Menurut dia, umumnya, masyarakat harus ke pantai jika ingin melihat senja.

Meski tak terlihat jelas turunnya matahari, namun tetap indah ketika setiap sisi Gua menghiasi senja sore hari. Menurut dia, senja di Gua Sunyaragi tersebut bisa menjadi alternatif pengunjung yang hobi berburu senja.

"Cocok bermain foto siluet juga agar tidak membosankan," ujar dia.

Arif mengaku, pemandangan indah ini terbilang jarang ditemui di sejumlah situs bersejarah terutama di Cirebon. Sebab, tidak mudah mendapat senja yang indah dari situs bersejarah itu.

Namun demikian, Arifin mengaku, tidak semua pengunjung dapat menikmati senja di Gua Sunyaragi. Selain faktor cuaca, jam berkunjung di Gua Sunyaragi sudah tutup.

Sementara itu, senja yang muncul di Gua Sunyaragi sejak pukul 16.30 WIB. Oleh karena itu, dia berharap, ada kebijakan pengelola untuk memperpanjang durasi berkunjung.

"Kalau hujan ya tidak dapat tapi kadang musim kemarau juga tidak dapat senja karena matahari biasa tertutup awan. Faktor keberuntungan juga," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.