Sukses

Resor Keren Gratis bagi Para Jawara Asian Games di Banyuwangi

Salah satu resor yang bisa dinikmati para peraih medali emas Asian Games di Banyuwangi menawarkan pemandangan eksotis Selat Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Pemangku kepentingan pariwisata Banyuwangi tengah menyiapkan liburan gratis bagi para atlet Indonesia peraih medali emas di ajang Asian Games 2018. Selain sebagai apresiasi, liburan gratis ini diyakini mampu menjadi strategi promosi efektif bagi pariwisata Banyuwangi yang saat ini sedang berkembang pesat.

Terkait hal ini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (4/9/2018) mengatakan, sejumlah resor dan hotel dengan pemandangan unik telah disiapkan untuk para atlet, mulai dari resor bibir pantai hingga hotel dengan pemandangan pantai yang menawan.

"Total ada enam hotel dan resor yang disiapkan," kata Anas.

Hotel serta resor di bibir pantai menghadap keindahan Selat Bali. Salah satunya adalah hotel bintang empat terbaru milik jaringan hotel nasional yang dikenal memiliki resor serta hotel menawan di Ubud, Bali. Di hotel yang terletak di kawasan Kalipuro ini, para atlet bisa memanjakan diri dengan pemandangan eksotik Selat Bali. 

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda, juga menyampaikan sebuah resor unik yang menawarkan pemandangan taman kelapa dan rumput hijau yang mengusung rumah-rumah khas Suku Osing, masyarakat asli Banyuwangi, ditawarkan kepada para atlet Asian Games berprestasi.  

"Semua ornamen bangunannya tradisional, tapi fasilitasnya standar bintang lima. Resor ini pernah ditempati Ketua DPR dan menteri-menteri," ujar Bramuda.

Selain di tepi pantai, terdapat pula sejumlah resor dengan pemandangan persawahan dan Gunung Ijen yang berada di kaki gunung. Tepat di depan kamar langsung terhampar hamparan sawah berwujud terasering. Di salah satu resor yang terletak di kaki Gunung Ijen juga terdapat galeri seni lengkap yang sangat eksotis.

"Di sana sunyi dan indah. Itu langganan turis Eropa," ungkap Bramuda menambahkan. 

Sebelumnya, kolaborasi para pelaku usaha pariwisata di Banyuwangi, mulai perhotelan, transportasi, restoran, hingga pemerintah daerah, menyiapkan paket berlibur gratis selama empat hari kepada atlet peraih medali emas Asian Games. Selain wujud kebanggaan sebagai bangsa, apresiasi ini juga diharapkan menularkan virus nasionalisme ke anak muda kabupaten di ujung timur Pulau Jawa tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beragam Destinasi Wisata

Liburan gratis empat hari itu bakal diisi dengan menikmati fenomena api biru (blue flame) yang mendunia di Kawah Ijen, G-Land dengan ombak selancar terbaik di dunia, padang rumput Taman Nasional Alas Purwo dengan komunitas banteng yang berarak, melepasliarkan anak penyu, keindahan Pulau Tabuhan, hingga melihat beragam atraksi seni-budaya serta ritual adat.

"Selain itu, tentu ada kuliner yang enak, termasuk pecel pitik yang kerap disajikan saat acara adat suku Osing," ujar Anas.

Apresiasi liburan gratis itu merupakan bagian dari strategi promosi pariwisata yang didukung pelaku pariwisata tanpa APBD.

"Atlet-atlet itu merupakan endorser yang luar biasa. Kalau mereka berlibur di Kawah Ijen atau bersantai di resor tepi pantai di Banyuwangi, lalu upload di media sosialnya yang punya follower segudang, itu promosi efektif bagi Banyuwangi," papar Anas.

Para atlet peraih medali emas yang ingin berlibur ke Banyuwangi, dipersilakan berkorespondensi melalui email: bwitourism1@gmail.com. Para pahlawan bangsa di bidang olahraga itu bisa berlibur bersama keluarga dan orang tercinta. 

"Kami persilakan atlet-atlet tersebut membawa satu orang untuk diajak berlibur ke Banyuwangi," kata Bramuda menambahkan. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.