Asap Muncul dari Sampah, 300 Kios Pasar Gedebage Bandung Ludes Terbakar

Oleh Huyogo SimbolonMoch Harun Syah pada 03 Sep 2018, 19:40 WIB
Kebakaran Pasar Gedebage Bandung

Liputan6.com, Bandung - Kebakaran hebat terjadi di Pasar Gedebage Bandung, Jawa Barat, Senin (3/9/2018) sore. Sekitar 300 kios kios di Pasar Gedebage, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, ludes terbakar.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung (Diskar PB), Kurnia Saputra mengatakan, lokasi kebakaran terjadi di depan los 2 pasar. Pihaknya menerima laporan kebakaran pada pukul 16.55 WIB.

"Menurut saksi, Juma Sulaeman (60), api bermula dari pembakaran sampah. Kemudian, saksi melaporkan kejadian ke emergency call 022-113," ujar Kurnia dalam keterangan tertulisnya.

Untuk menaklukkan si jago merah, tim Diskar PB Kota Bandung mengerahkankan tujuh unit pancar mako pusat, satu unit water tanker, dua unit pancar UPT Timur, dan dua unit rescue. Unsur bantuan juga datang dari satu unit dari Bintang Agung dan satu unit dari PLN.

"Totalnya 12 unit," kata Kurnia.

Kurnia menambahkan, pihaknya masih dalam penanganan kebakaran yang terjadi di pasar tersebut. Bangunan kios dari kayu dan bahan dagangan diduga membuat api semakin cepat menjalar.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," ujarnya.

Belum jelas apa yang menjadi penyebab kebakaran. Dari unggahan twitter@emergency113bdg  sekitar pukul 18.47 WIB, api masih berkobar besar dan melahap hampir keseluruhan pasar. Sementara itu, puluhan petugas pemadam kebakaran tengah menyemprotkan air ke arah lokasi kebakaran di Pasar Gedebage.

Kebakaran hebat di Pasar Gedebage bukan kali pertama pada tahun ini. Pada 15 Juli 2018, kebakaran yang meludeskan 116 unit kios dan 170 lapak pedagang kali lima itu diperkirakan bernilai Rp 4,5 miliar.

Saksikan video pilihan berikut ini: