Sukses

Hujan Turun di Bandung dan Sekitarnya, Tanda Musim Kemarau Berakhir?

Dalam beberapa hari terakhir, Kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya kerap diguyur hujan. Meski dengan intensitas kecil dan durasi yang sebentar, apakah ini tanda musim penghujan segera tiba?

Liputan6.com, Bandung - Dalam beberapa hari terakhir, Kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya kerap diguyur hujan. Meski dengan intensitas kecil dan durasi yang sebentar, apakah ini tanda musim penghujan segera tiba?

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini di Bandung dan Jabar masih memasuki musim kemarau.

"Musim kemarau sampai Oktober," kata Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya saat dihubungi Liputan6.com, Minggu, 2 September 2018.

Tony menjelaskan, pada musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan sama sekali. "Ada hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Atau hujan lebat tetapi terjadinya singkat," ungkapnya.

Menurut dia, hujan yang mengguyur pada pekan ini terjadi karena ada belokan angin, yang mengakibatkan terjadi pengumpulan awan hujan.

"Perlu diantisipasi daerah yang berpotensi longsor saat masa peralihan dari musim kemarau ke hujan," tegasnya.

Ia menambahkan, kriteria musim kemarau yaitu jumlah curah hujan dalam 10 hari atau kurang dari 50 milimeter.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.