Sukses

Menyapa Pagi di Danau Weekuri Sumba, Airnya Sebening Kaca

Salah satu keindahan alam di NTT adalah Danau Weekuri di Sumba, sebuah danau dengan pemandangan air sebening kaca.

Liputan6.com, Kupang - Nusa Tenggara Timur memang menyimpan sejuta keindahan alam yang tak boleh Anda lewatkan. Salah satu keindahan alam tersebut adalah Danau Weekuri, sebuah danau dengan pemandangan air sebening kaca.

Danau Weekuri terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, provinsi Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri layaknya laguna yang dikelilingi oleh bebatuan dan tebing besar, danau tersebut terkenal karena memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Apabila kita melihatnya dari ketinggian, terlihat jika Danau Weekuri memiliki air yang sangat jernih.

Air di Danau Weekuri merupakan air payau (asin) karena lokasi danau ini terletak tepat di samping laut hanya dipisahkan oleh tebing karang saja. Jadi di sini kita disajikan dua pemandangan alam sekaligus, yaitu danau dan laut.

Air di Danau Weekuri berwarna biru kehijauan. Saking jernihnya kita bisa melihat pasir di dasar danau, terlebih lagi danau ini tidak terlalu dalam jadi sangat cocok untuk berenang. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Weekuri adalah ketika musim kemarau.

Akses menuju Danau Weekuri bisa dibilang sedikit susah. Kita harus menuju ke Tambolaka terlebih dahulu, dari Tambolaka melanjutkan perjalanan menuju Danau Weekuri dengan estimasi waktu kurang lebih dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, karena belum tersedia angkutan umum untuk melayani rute tersebut.

Saat ini, Pemda Sumba Barat Daya sedang menata wisata ini. Infrastuktur jalan menuju wisata sedang dibangun. Di atas batu karang, telah dibangun tangga bagi pengunjung dan menjadi tempat berfoto atau berselfie.

Di area wisata Weekuri, terdapat beberapa bangunan sebagai tempat beristrahat wisatawan usai menikmati keindahan Weekuri. Sejumlah warga lokal memajang hasil tenun khas Sumba dan pernak-pernik yang terbuat dari tanduk kerbau.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.