Sukses

Kejadian Aneh Saat Petugas Coba Merekam Harimau Memangsa Lembu

Sudah seminggu terpasang, jejak harimau pemangsa lembu di Langkat belum juga terdeteksi. Kemanakah ia?

Liputan6.com, Langkat - Petugas diterjunkan untuk melacak jejak harimau pemangsa hewan ternak milik warga penduduk di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, petugas juga memasang kamera trap di sembilan titik di sekitar lokasi bangkai lembu milik warga yang dimangsa pada Kamis pagi, 23 Agustus 2018.

"Namun, belum berhasil melihat secara jelas keberadaan harimau tersebut," kata Nasrin, seorang petugas yang sedang berada di lokasi di Bahorok, Kamis (30/8/2018), dilansir Antara.

Pemasangan kamera ini dilakukan petugas setelah sebelumnya ternak warga dimangsa binatang buas di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok baru-baru ini.

Nasrin menyebut, petugas gabungan dari Balai Besar Koservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) bersama Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dan lembaga lainnya seperti Polsek Bahorok, kini terus di lapangan untuk memantau keberadaan harimau.

"Kami kini terus bersiaga di radius satu kilometer dari lokasi bangkai hewan yang diterkam harimau itu," katanya.

Ada sembilan kamera di sembilan titik yang dipasang untuk memantau pergerakan harimau. Setiap pagi, petugas memeriksa hasilnya. Hingga saat ini, petugas belum menemukan hasil yang sempurna untuk mengetahui besar dan jenis kelamin harimau.

"Kami juga belum bisa menyimpulkan apa penyebab harimau tersebut masuk ke pemukiman warga dan memangsa ternak warga," ucapnya.

Meski belum mendapatkan hasil rekaman sosok harimau yang jelas, petugas sempat merekam harimau kembali masuk ke areal ladang dan mendekati bangkai lembu tersebut sekitar pukul 7 malam itu.

"Namun saat dia akan memakan bangkai ternak, fokus kamera berubah dan itu terjadi di sembilan kamera yang dipasang," katanya.

Peristiwa harimau memangsa lembu warga ini sudah terjadi sebanyak dua kali di wilayah tersebut. Pertama pada 2014 dan berulang pada tahun ini, sehingga mengakibatkan hewan ternak warga mati. Warga di sana berharap peristiwa itu tidak lagi terjadi.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.