Sukses

Motif di Balik Penganiayaan Bocah 7 Tahun oleh Ibu Tiri di Purbalingga

Hanya karena masalah-masalah sepele, ibu tirinya pun kerap naik pitam dan langsung memukul.

Liputan6.com, Purbalingga - Sebuah video seorang anak disiksa ibu tirinya beredar dan bikin heboh warga Purbalingga, Jawa Tengah. Diduga, peristiwa ini terjadi di Desa Pagerandong, Kecamatan Kaligondang. Video yang beredar di berbagai lini masa ini pun membuat marah warganet. 

Kasus anak disiksa ibu tiri ini terkuak saat guru SD Negeri 1 Pagerandong mendapati salah satu siswanya, I, menderita luka mencurigakan. Di keningnya, ada luka seperti bekas pukulan benda keras.

Bibirnya pecah dan lebam membiru. Saat bajunya dibuka, ternyata di sekujur tubuh anak itu banyak luka akibat pukulan benda keras maupun sayatan.

Yang mengenaskan, rupanya penganiayaan bocah perempuan berusia tujuh tahun oleh ibu tirinya ini kerap disaksikan oleh kakak tirinya, Ar. Kepada wartawan, Ar mengaku kerap mendapati adik tirinya dipukul oleh ibunya.

Dengan lugu Ar bercerita, kadang adiknya tak mau makan. Maka ibunya akan marah. Pun ketika disuruh makan cepat, adik tirinya justru lambat. Ibu tirinya pun kerap naik pitam dan langsung memukul. Bocah lugu ini pun kerap disiksa ibu tirinya.

"Dipukul. Ya pakai tangan, kata Ar, Rabu, 29 Agustus 2018.

Selama ini, bocah korban penyiksaan oleh ibu tiri berinisial I ini memang tinggal dengan ibu tiri dan kedua kakak tirinya. Adapun ayah kandung I merantau ke Kalimantan. Sebelumnya, I tinggal di Pangadegan, di rumah kakeknya. Namun, sejak kecil, I sudah tinggal dengan ibu dan kakak tirinya.

"Ayah kandungnya merantau sejak sebelum (menikah) dengan ibu tirinya. Ya, menikahnya sudah dua-tiga tahun ini-lah," kata Sekretaris Desa Pagerandong, Muhamad Mudrik.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Penyiksaan Ibu Tiri Dipulangkan ke Keluarga Ayah Kandung

Menurut Mudrik, keluarga ayah kandung I sempat curiga saat melihat bibir I terluka lebam. Namun, saat ditanyakan kepada Amanah, (45) sang ibu tiri, mengaku luka itu karena terjatuh.

Keluarga pun percaya dan tak menanyakan lebih jauh. Belakangan diketahui, luka di bibir I hanya lah satu di antara puluhan luka lain di sekujur badannya.

Menurut Mudrik, tetangga Amanah di Pangadegan pun tak menyangka dia berlaku kejam kepada anak tirinya. Sebab, secara kasat mata, Amanah berperilaku wajar. Amanah tak punya masalah saat berinteraksi dengan tetangga di lingkungannya. Amanah pun mengikuti kegiatan di lingkungannya, seperti arisan atau pengajian rutin.

Mudrik pun berterima kasih kepada guru sekolah I yang menguak dan memberitahukan penganiayaan yang diderita anak didiknya.

Kini, kasus penganiayaan oleh ibu tiri ini tengah diusut oleh Unit PPA Polres Purbalingga. Adapun bocah korban penganiayaan, I, sudah dikembalikan kepada keluarga sang ayah kandung.

"Mudah-mudahan ini adalah kejadian pertama dan yang terakhir. Karena bagaimana pun, warga kami perlu dan berhak dilindungi," kata Mudrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.