Sukses

Ini USU Bung, Kampus Tertua di Luar Pulau Jawa

USU juga memiliki rumah sakit pendidikan dengan akreditasi paripurna bintang lima kelas B, yang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat umum.

Liputan6.com, Medan - Universitas Sumatera Utara adalah perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa dan ketujuh di Indonesia yang diresmikan oleh Presiden RI pertama Soekarno. Luas Kampus USU tercatat 920 hektare, dengan perincian Kampus Padang Bulan 120 hektare, Kampus Bekala 300 hektare, dan Kampus Tambunan 500 hektare.

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH menjelaskan hal itu dalam sambutannya di depan 8.000 lebih mahasiswa pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2018 di Stadion Mini USU, Medan, Senin, 27 Agustus 2018, dilansir Antara.

Seiring dengan keberhasilan USU meraih akreditasi A pada 28 Februari 2018, kata dia, maka Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu semakin bergiat mengejar prestasi dan meningkatkan kinerja di segala bidang.

"Selain itu, membangun seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menyempurnakan proses belajar dan mengajar di USU," ujar Runtung.

Ia mengatakan, berbagai prestasi yang terus-menerus ditorehkan tak lain sebagai upaya untuk dapat memperbaiki peringkat USU, baik dalam sistem penilaian Kemenristekdikti, 4ICU/UniRank maupun Webometric.

"Dalam usia yang hampir menginjak ke-66 tahun, USU telah mencetak 192.861 orang alumni yang tersebar dalam berbagai bidang pekerjaan dan profesi, berasal dari 15 Fakultas, satu Sekolah Pascasarjana dan 154 Program Studi," ucap mantan Dekan Fakultas Hukum USU itu.

Runtung menyebutkan, untuk status akreditasi Program Studi (Prodi), USU telah menunjukkan peningkatan jumlah prodi yang berakreditasi A, dari 22 prodi di tahun 2016 menjadi 61 prodi hingga Agustus 2018.

Sementara yang berakreditasi B sudah mencapai 84 prodi. Maka jumlah prodi yang berakreditasi A dan B sebanyak 145 prodi atau mencapai 94,16 persen.

USU memiliki delapan program studi dan satu Unit Pendidikan telah memperoleh ISO 9001:2015.Unit Manajemen Mutu, USU juga telah meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dengan status Zero finding dari British Standard Institution (BSI).

USU juga memiliki Rumah Sakit Pendidikan dengan akreditasi paripurna bintang lima kelas B, yang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat umum.

Rumah Sakit (RS) USU adalah salah satu green building pertama di USU yang didesain dengan mempertimbangkan penghematan energi dan ramah lingkungan. Saat ini, RS USU memiliki 17 poliklinik yakni anak, bedah, kebidanan dan kandungan, penyakit dalam, THT, mata, syaraf, kulit kelamin, jantung, rehabilitasi medis, bedah syaraf, orthopaedi, bedah anak, tumbuh kembang, psikiatri kesehatan jiwa, paru, dan anasthesi.

Sementara itu, jumlah tempat tidur yang beroperasional sekarang sebanyak 109 tempat tidur.

"Sedangkan, jumlah tempat tidur akan beroperasional sebanyak 56 tempat tidur. RS USU juga mulai mengembangkan pelayanan- pelayanan sub spesialis tik seperti gatroenterohepatologi, nefrologi, hemato oncology, geriatri dan lain-lain," kata Rektor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini