Sukses

Diduga Stres, Seekor Sapi Kurban Nekat 'Nyemplung' ke Kolam Warga

Akibat stres, dua sapi kurban di Garut, Jawa Barat, melarikan diri dari kerumunan warga. Satu di antaranya bahkan rela berendam di kolam warga.

Liputan6.com, Garut Diduga akibat stres melihat kerumunan warga, dua sapi kurban di kampung Tarogong Tengah, Desa Tarogong, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat, lepas meninggalkan area pemotongan hewan kurban. Satu di antaranya bahkan masuk ke kolam warga.

Aep Hendy (40), salah seorang warga mengatakan, kejadian itu berlangsung cukup singkat. Saat itu, panitia kurban Masjid Al-Furqon yang tengah bersiap menyiapkan pemotongan, dikejutkan dengan lepasnya dua sapi yang tengah menunggu giliran dipotong.

"Mungkin stres tidak biasa dilihatin banyak warga," ujar dia kepada Liputan6.com, di Garut, Rabu (22/8/2018) malam.

Menurutnya, sejak awal, kedua sapi yang termasuk jenis sapi brahman itu, sudah menunjukkan gejala yang labil. Beberapa kali, terlihat sorot matanya tampak liar, menunjukkan tidak mau dikerubuti warga. "Istilahnya 'ngamuk', akhirnya lepas," kata dia.

Awalnya, satu ekor sapi siap potong itu lari ke permukiman warga. Namun, akibat banyaknya warga yang mengejar, serta lokasi yang banyak melintasi kolam besar, akhirnya sapi terdesak di ujung jalan kampung warga sekitar. "Karena terdesak itu, sapi langsung loncat ke kolam," kata dia.

Namun, di tengah kekalutan itu, panitia kurban justru semakin panik, setelah satu ekor sapi kurban berikutnya, kembali kabur. Akibatnya, banyaknya warga yang menonton pemotongan. "Tapi itu tidak terlalu lama, sebab masih bisa ditangkap lagi," ujarnya.

Sementara itu, sapi marah yang tengah berada di dalam kolam tampak asyik berendam. Sapi lebih rileks berada di kolam, hingga memakan waktu cukup lama. "Kebetulan ada pawang sapi, didoain hingga akhirnya mau dituntun ke luar kolam," kata dia.

Butuh waktu hingga dua jam untuk memaksa sapi keluar dari kolam, sementara puluhan warga yang sebagian besar merupakan penonton di area pemotongan, larut menyaksikan kejadian langka tersebut.

Beruntung dengan kesigapan panitia kurban, seluruh prosesi pemotongan lima hewan kurban di kampung itu berhasil diselesaikan dua jam lebih lama. "Lumayan juga biasanya ashar selesai, sekarang baru selesai dibagikan magrib," kata dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.