Sukses

4 Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup untuk Umum

Gunung Lawu juga ditutup pada saat hari kemerdekaan akibat kawasan puncak terbakar.

Liputan6.com, Magetan - Seluruh jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu masih ditutup akibat kebakaran di kawasan hutan yang diperkirakan terjadi di wilayah dua provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Asisten Perhutani (Asper) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu dan Sekitarnya, Marwoto membenarkan jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu ditutup.

"Semua jalur pendakian ditutup, karena terjadi kebakaran di sisi utara puncak Lawu. Ini sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Marwoto dihubungi, Senin malam, 20 Agustus 2018, dilansir Antara.

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu berada di empat lokasi. Terdiri dari, jalur pendakian melalui Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur, jalur pendakian Cemoro Kandang dan Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah, serta jalur pendakian Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur.

Namun, ia belum bisa menyebutkan berapa luas hutan yang terbakar dan berada petak berapa saja. Alasannya, petugas yang berada di sekitar lokasi kebakaran belum bisa dihubungi.

"Saya belum bisa memastikan kebakaran terjadi di petak berapa saja, karena petugas yang di atas belum bisa dihubungi," ucapnya.

Ia menyebutkan kebakaran terjadi di tiga wilayah kabupaten, yaitu Magetan, Ngawi, Jawa Timur, dan Karanganyar, Jawa Tengah.

Pada Kamis-Jumat, 16-17 Agustus 2018, kawasan sekitar puncak Gunung Lawu juga terbakar. Akibatnya, seluruh pendaki yang sudah berada di puncak untuk memperingati HUT ke-73 RI turun lagi. Sementara, para pendaki yang masih dalam perjalanan batal melanjutkan pendakiannya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.