Sukses

Evakuasi Panjang Pria Semarang yang Tewas Saat Buang Hajat di Toilet Umum

Sebelum ditemukan tewas, terdengar suara gemuruh dari arah toilet umum dalam kompleks bangunan tua yang digunakan pria Semarang itu.

Liputan6.com, Semarang - Sebuah toilet umum di kompleks bangunan tua di kawasan perumahan padat penduduk Kampung Pedamaran, Kota Semarang roboh. Robohnya bangunan berusia ratusan tahun yang terjadi sekitar pukul 22.30, Senin, 20 Agustus 2018, mengakibatkan seorang warga tewas.

Zulhawary, staf humas Basarnas Kantor Semarang, menjelaskan bangunan yang roboh merupakan gudang yang ada di Kampung Sedogan, Jalan Pedamaran No. 48 RT 1/RW 4, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Adi Sugiarto, seorang buruh pembungkus parcel tewas tertimpa reruntuhan bangunan.

"Korban pulang kerja jam 22.00. Tiba-tiba, ia ingin buang hajat. Korban kemudian ke lokasi dan tidak lama kemudian terjadi robohan dan korban tertimpa retuntuhan," katanya.

Sementara itu, Slamet, tetangga korban, menyatakan ia mendengar suara gemuruh saat berada di dalam rumah. Ia bersama warga lain sontak keluar rumah.

Setelah dilihat, ternyata bangunan roboh itu sebuah toilet umum di gudang Kp. Sedogan No. 49 Semarang. Sebagian warga memberitahu petugas pemadam kebakaran.

"Dibantu warga dan anggota Polsek Semarang Tengah berupaya mengevakuasi ke lokasi roboh," kata Zulhawari.

Evakuasi sebenarnya langsung dilakukan. Namun, bangunan itu sudah sedemikian tua, sehingga dikhawatirkan ada roboh susulan. Sebagian warga kemudian melapor ke Basarnas.

"Kita mendapat informasi pukul 24.00. Korban tertimbun reruntuhan setebal 150 sentimeter. Tim berhasil mengevakuasi dua jam kemudian jenazah langsung diserahkan kepada keluarga," katanya

Menurut Zulhawary, malam terasa sedemikian panjang saat evakuasi. Sempitnya jalan dan padatnya rumah penduduk menjadi hal yang cukup merepotkan. Hingga lima jam petugas dari Basarnas, pemadam kebakaran, BPBD, polisi, dan juga warga baru bisa mengevakuasi jenazah Adi.

Setelah berhasil dievakuasi, jasad korban langsung dibawa ke rumah duka yang hanya berjarak beberapa meter dari lokasi runtuhnya toilet umum tersebut.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.