Sukses

Status PNS Menunggu Peraih Emas Asian Games Asal Garut

Ada sebelas atlet asal Garut, Jawa Barat dijanjikan bakal menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), jika berhasil mendulang mendali emas pada helatan akbar Asian Games XVIII Jakarta-Palembang kali ini.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, sudah menyiapkan kado istimewa berupa pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), bagi atlet yang berhasil meraih medali emas dalam helatan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Tentunya kado itu berlaku untuk atlet yang berasal dari Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan bahkan berharap, para atlet Garut itu akan mendulang prestasi maksimal dan bisa diangkat sebagai PNS.  

"Saya harap Nunu (salah satu atlet Garut) bisa jadi PNS," kata Bupati Garut Rudy Gunawan, usai apel pagi di halaman Sekretariat Daerah, Senin 20 Agustus 2018.

Menurut Rudy, Pemda Garut harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar bisa mengajukan atlet daerahnya yang berlaga membela negara untuk menjadi PNS.

"Makanya kita lihat, sebab itu kan program nasional. Kalau dapat medali Asian Games, sesuai perundang-undangan yang berlaku ya bisa," katanya.

Saat ini, ada sebelas atlet asal Garut yang berlaga di Asian Games, sehingga diharapkan mampu memberikan sumbangsih membanggakan bagi negara. Mereka berlaga di lima cabang olahraga berbeda.

Dari sebelas atlet, tujuh adalah atlet pencak silat yang terbagi dalam dua kategori putra dan putri. Empat yang lain dari cabang olah raga polo air, marathon, dayung dan olah raga kursak sebuah cabang olah raga bela diri yang baru dipertandingkan dalam ajang Asian Games 2018. 

Para atlet itu yang berasal dari Universitas Garut (Uniga) ada empat atlet. Semua bertarung di cabang Pencak Silat, olahraga beladiri asli Indonesia.

Ketua KONI Kabupaten Garut sekaligus sebagai Rektor Uniga, Abdusy Syakur Amin  mengaku bangga atas perhatian yang diberikan Pemda Garut itu, namun ia belum memberikan pernyataan resmi mengenai rencana pemerintah itu.

"Ceritanya panjang, nanti saja," ujar dia dalam pesan singkat kepada Liputan6.com.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.