Sukses

Tangan Jahil Pendaki Diduga Bikin Gunung Lawu Kembali Memanas

Pintu pendakian Cemoro Sewu menuju Gunung Lawu sempat ditutup akibat kebakaran hutan ini.

Magetan - Gunung Lawu kembali mengalami kebakaran. Kebakaran hutan terjadi di Gunung Lawu perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, Jumat dini hari, 17 Agustus 2018. Diduga, pemicunya adalah api unggun yang ditinggalkan sembarangan oleh para pendaki.

Berdasarkan informasi dari salah seorang pendaki, Nanang (43) mengaku mengurungkan niatnya menuju puncak Gunung Lawu untuk mengikuti upacara HUT ke- 73 kemerdekaan RI dikarenakan ada kebakaran hutan.

Menurutnya, kobaran api terlihat di sekitaran wilayah Tlogo Kuning dan Tlogo Dalem. "Ada kebakaran dini hari tadi," ujarnya.

Mendapati itu, dirinya beserta rombongan berputar arah untuk kembali turun karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Alhasil, keinginannya untuk menuju puncak Gunung Lawu harus ditunda.

"Api sudah terlihat serta ada info dari pendaki lain, akhirnya kita memutuskan untuk putar balik," jelasnya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Feri Yoga Saputra membenarkan adanya informasi kebakaran di sekitar kawasan pendakian Gunung Lawu. Kebakaran yang terjadi pada Jumat dini hari (17/8/2018), sekitar pukul 01.00 WIB.

"Ada info dari pendaki pada dini hari tadi, lalu petugas di lapangan langsung melakukan penyisiran," terangnya.

Menurut Feri, kebakaran terjadi di sekitar Pos 4 dan Pos 5. Diduga, bersumber dari api unggun yang ditinggalkan oleh pendaki begitu saja.

"Penyebab jelasnya masih belum diketahui, ini masih dilakukan pemantauan untuk mengetahui sebabnya," tuturnya.

Pihaknya, mengaku sempat menemui kendala dalam upaya pemadaman karena medan yang sangat sulit. Namun, kurang lebih sekitar 4 jam api berangsur-angsur padam. "Alhamdulillah sekitar jam 5 pagi tadi api mulai padam," kata Feri kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id).

Kendati itu, pintu pendakian Cemoro Sewu yang sempat ditutup kini sudah mulai dibuka kembali sekitar pukul 07.00 WIB. Sementara itu, tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu."Tercatat sekitar 1300 orang yang melakukan pendakian, jumlahnya meningkat dibandingkan tahun lalu," katanya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Baca berita menarik lainnya dari Times Indonesia di sini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.