Komunitas Vespa Makassar Arak Bendera Merah Putih 73 Meter

Oleh Eka Hakim pada 19 Agu 2018, 11:01 WIB
Komunitas vespa di Makassar mengarak bendera merah putih sepanjang 73 meter berkeliling kota Makassar dalam rangka memeriahkan perayaan HUT RI ke-73

Liputan6.com, Makassar - Berbagai kegiatan unik dilakukan kelompok masyarakat di Sulsel dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke-73 RI. Di antaranya yang dilakukan komunitas motor vespa di Makassar ini. Mereka membentangkan bendera merah putih yang panjangnya 73 meter disesuaikan dengan usia kemerdekaan RI saat ini.

"Kainnya kami beli sendiri dan juga jahit sendiri. Sejak jauh hari kami sudah sediakan," kata Tante Cia (47), salah seorang pengendara motor vespa yang tergabung dalam kelompok Scooter Makassar Bersatu (SMB), Jumat (17/8/2018).

Bendera merah putih yang panjangnya 73 meter tersebut, diarak membentang berkeliling Kota Makassar pada perayaan HUT ke-73 RI kali ini. Kata dia, tujuannya untuk menumbuhkan semangat masyarakat agar terus menjaga rasa kecintaannya kepada tanah air Indonesia dan menghargai perjuangan para Pahlawan terdahulu dalam merebut kemerdekaan.

"Kegiatan unik yang kami lakukan selain ikut memeriahkan perayaan kemerdekaan, juga mengajak masyarakat Makassar khususnya untuk tetap menjaga rasa kecintaan kepada negara yang kita cinta bersama," terang Cia.

Ia mengakui antusias masyarakat dalam menyaksikan pengarakan bendera merah putih sepanjang 73 meter tersebut cukup tinggi. Bahkan sempat memacetkan ruas jalan karena para pengguna jalan berhenti di tengah jalan hanya demi menyaksikan kegiatan unik tersebut.

"Kami minta maaf sebelumnya karena sempat memacetkan jalan. Karena pengguna jalan yang berlawanan arah berhenti di tengah jalan karena ingin menyaksikan arak-arakan bendera merah putih yang kami lakukan," tutur Cia.

Bendera merah putih yang membentang sepanjang 73 meter diarak berkeliling di jalan-jalan protokoler yang ada di Makassar. Diantaranya melintasi Jalan Urip Sumoharjo Makassar dan Jalan Jenderal Sudirman Makassar atau melintas di depan Monumen Nasional Pembebasan Irian Barat yang dikenal oleh masyarakat Makassar dengan nama Monumen Mandala.

"Kita harap kegiatan unik ini dapat terus telestarikan pada perayaan HUT RI tahun depannya. Insya Allah," Cia menandaskan.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: