Sukses

Jurus Basarnas Evakuasi Atlet Asian Games yang Cedera

Evakuasi di bendungan Basarnas dibantu oleh tim kesehatan dari Dinkes Pemprov Jabar menggunakan ambulans menuju bandara melalui pintu laut yang dijadikan akses khusus.

Liputan6.com, Bandung Salah seorang atlet Asian Games mengalami insiden darurat di Jati Tujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (16/8/2018). Diketahui, atlet tersebut mengalami cedera parah. Dengan sigap puluhan petugas Tim rescue Basarnas Bandung dan tim SAR gabungan mengevakuasi atlet cabang olahraga kano yang mengalami cedera parah tersebut. Sang atlet pun cepat mendapatkan perawatan medis.

Sejumlah dokter dan perawat, dengan cepat memberikan perawatan medis kepada atlet yang terkena insiden. Helikopter juga segera tiba di Bandara Kertajati, Pukul 13.00 WIB dan take off pukul 14.50 WIB. Selanjutnya, helikopter menuju Subang dengan waktu tiba pukul 15.15 WIB.

Demikianlah suasana tanggap darurat Asian Games 2018 yang digelar SAR Bandung di Jawa Barat. Tidak hanya Basarnas, instansi yang lain pun ikut terlibat, yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, AP II, Lanud Sukani, dan Air Nav.

"Evakuasi di bendungan, Basarnas dibantu oleh tim kesehatan dari Dinkes Pemprov Jabar menggunakan ambulans menuju bandara melalui pintu laut yang dijadikan akses khusus,” kata Kepala Basarnas Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah melalui juru bicara Kantor SAR Bandung, Joshua Bajarnahor.

Joshua menjelaskan, atlet yang cedera parah butuh penanganan yang khusus dengan langsung dibawa ke Bandara Kertajati. Lalu, atlet akan diterbangkan ke RSPAD Jakarta.

"Seluruh atlet yang butuh penanganan khusus dibawa ke RSPAD Jakarta," kata dia.

Joshua menjelaskan, jarak dari lokasi atlet ke Bandara Kertajati mencapai 5 kilometer. Dengan waktu tempuh 12 menit, artinya pencapaian ini sudah sempurna.

"Perkiraan kita 15 menit sudah di bandara. Tapi ini hanya 12 menit. Semua agarAsian Games 2018 berjalan lancar," tuturnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.