Sukses

Macet Makin Parah, Wisata ke Ubud Bali Kian Tak Nyaman

Rapat membahas solusi bagi Ubud sudah banyak digelar instansi pemerintah mulai tingkat kabupaten hingga pusat, tapi belum ada yang direalisasikan.

Liputan6.com, Gianyar - Kemacetan akibat sarana jalan yang sempit dan tidak bertambah panjang serta lebar untuk menuju dan dari kawasan wisata Ubud, Kabupaten Gianyar, menjadi ancaman bagi pariwisata Ubud. Padahal, wisatawan asing di Ubud sangat cepat berkembang.

"Saat puncak kedatangan turis seperti sekarang ini, luar biasa macetnya akses jalan ke Ubud, seperti di Jalan Peliatan dan Pengosekan. Jika dibiarkan terus, ini akan menjadi ancaman pariwisata di Ubud yang terus berkembang pesat," kata Kadis Pariwisata Gianyar, AA Ari Brahmanta, di Gianyar, Rabu, 15 Agustus 2018, dilansir Antara.

Kadis Pariwisata Gianyar mengakui laju pertumbuhan pariwisata, perhotelan, dan kendaraan jauh lebih tinggi dibandingkan laju pertumbuhan sarana jalan dan parkir. Akibatnya, saat musim ramai turis (high season) ke Ubud terjadi kemacetan parah di beberapa titik jalan.

"Banyak hal, terutama sarana jalan dan parkir, di kawasan wisata Ubud memang harus segera dibenahi. Sudah banyak studi yang memberikan solusi untuk sistem transportasi dan jalan ke wisata Ubud, tapi belum bisa direalisasikan," katanya.

Ari mengatakan, masyarakat Ubud sudah buat deklarasi siap untuk berkorban demi meningkatkan industri pariwisata, termasuk memberikan lahan untuk jalan dan parkir. Namun, rapat-rapat yang digelar banyak instansi di Kabupaten Gianyar hingga pemerintah pusat belum juga sampai pada keputusan final.

Seorang pengemudi travel, Agung Maya, mengakui kemacetan di beberapa titik jalan menuju wisata Ubud belakangan ini sangat parah. Waktu yang dihabiskan saat lalu lintas padat bisa sampai satu jam.

"Apalagi jika bus-bus besar dan sedang masuk ke wilayah Ubud, pasti macet karena jalannya kecil dan sempit. Turis sudah banyak mengeluh," tutur dia.

Pariwisata Ubud memiliki kelengkapan destinasi wisata karena masih kental kegiatan ritual dan kebudayaan, kuliner, serta panorama alam seperti sistem pengairan Subak.

Banyak tokoh dunia, bintang film dan musikus dunia berlibur ke Ubud. Belum lama ini, misalnya, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berlibur bersama keluarga di Ubud.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.