Sukses

Pembunuh Jasad Tanpa Kepala Bersabuk Lambang TNI di Deli Serdang Ditangkap Polisi

Pembunuh pensiunan TNI yang ditemukan menjadi jasad tanpa kepala di Deli Serdang itu sempat berkomunikasi dengan korban sebelum ditemukan tewas.

Liputan6.com, Medan - Polisi meringkus pembunuh sadis yang menyebabkan seorang pensiunan TNI tewas tanpa kepala dan ditemukan di ladang sawit Desa Namorambejulu, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, pada 5 Agustus 2018.

"Pelaku pembunuh sadis pensiunan TNI AU atas nama Rudianto Barus sudah kita aman. Yang amankan tim bunuh culik dan vice control. Pelaku diamankan pada Jumat, 10 Agustus 2018," kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut, Kombes Andi Rian, Selasa, 14 Agustus 2018.

Pembunuh pensiunan TNI itu bernama Peri Ginting. Pria 31 tahun ini merupakan warga Jalan Samanhudi, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai. Ia diamankan petugas di tempat persembunyiannya di Desa Puja Dadi, Kecamatan Binjai Selatan.

"Pelaku berada tidak jauh dari kediamannya saat diamankan, pelaku juga tidak melakukan perlawanan," Andi Rian.

Selain Peri, petugas juga mengamankan senjata tajam yang yang digunakannya untuk menghabisi nyawa Rudianto. Senjata tajam tersebut berupa parang atau golok yang saat ini menjadi barang bukti.

Andi menyebut, dari pengakuan pelaku, sebelum peristiwa pembunuhan jasad tanpa kepala itu terjadi, antara pelaku dan korban masih sempat berkomunikasi. Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan dari pihak keluarga korban.

"Tersangka sempat komunikasi dengan korban. Baik pelaku maupun keluarga korban menyatakan demikian," sebutnya.

Saat ini, tersangka pembunuhan itu masih diperiksa Ditreskrimum Polda Sumut. Petugas terus mendalami motif yang melatarbelakangi Peri tega membunuh korban. Diketahui, sepeda motor korban hingga saat ini dinyatakan hilang.

"Sepeda motor korban hilang dibawa kabur tersangka. Belum dapat dipastikan apakah kasus pembunuhan ini murni perampokan atau ada motif lain," kata Andi Rian.

Jasad Rudianto Barus ditemukan membusuk dengan kepala terpisah dari badan di Dusun III Namorube Jahe, Deli Serdang. Posisi jasad telungkup saat ditemukan warga. Saat ditemukan, jasad Rudianto mengenakan kemeja merek Cardinal warna putih, celana jins warna abu-abu merek Levis, dan sepatu kulit. Korban juga memakai sabuk PDH TNI. 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.