Kisah Calon Haji dari Sultra Nyaris Ditangkap Polisi Arab Saudi

Oleh Liputan6.com pada 14 Agu 2018, 20:02 WIB
Diperbarui 14 Agu 2018, 20:02 WIB
haji-ilustrasi-130926b.jpg
Perbesar
Ilustrasi haji.

Liputan6.com, Kendari - Seorang calon haji bernama Marwa yang tergabung di Kloter 20 UPG rombongan 6 asal Sulawesi Tenggara nyaris ditangkap polisi Arab Saudi karena disangka sebagai pedagang eceran mukimin di pinggir Jalan Misfalah.

Kasubag Humas Kemenag Sultra, Rahmad mengatakan informasi yang diperoleh dari Ketua Kloter 20 UPG Abdul Kadir dari Arab Saudi membenarkan peristiwa itu.

"Memang jemaah Marwa ini tidak membawa identitas apa pun berupa tas ketika penyergapan terjadi. Untung ada gelang yang dikenakannya yang telah menyelamatkannya dari sergapan razia kepolisian Arab Saudi," katanya di Kendari, Senin, 13 Agustus 2018, dilansir Antara.

Abdul Kadir dari Arab Saudi ketika dihubungi mengatakan di depan hotel pemondokan jemaah Kloter 20 UPG asal Sultra setiap pagi, setelah salat Subuh, selalu dipadati pedagang mukimin.

Saat insiden nyaris salah tangkap itu, Marwa bersama dua calon haji lainnya sedang berada di kerumunan penjual. Ia, sambung Kadir, hanya bisa pasrah saat polisi Arab Saudi hendak menggelandangnya.

"Kedua temannya tidak kena razia karena lengkap identitasnya. Oleh karena dia tidak membawa identitas, sehingga Marwa nyaris digelandang dan ditangkap polisi Arab Saudi," katanya.

Marwa yang tidak bisa berbahasa Arab hanya bisa ketakutan. Beruntung, ada seorang alumni Gontor berada di dekat Marwa yang fasih berbahasa Arab.

"Anak alumni Gontor bisa menjelaskan dengan fasih berbahasa Arab kepada petugas sekaligus membantu Marwa memperlihatkan identitas JCH berupa gelang kepada petugas yang akan mengangkutnya, sehingga ia pun dibebaskan," tuturnya.

Abdul Kadir selaku Ketua Kloter 20 UPG dan juga Kepala Kanwil Kemenag Sultra telah mengantisipasi hal itu dengan mengumpulkan semua petugas, termasuk ketua rombongan dan ketua regu, agar mengingatkan jemaah untuk selalu membawa identitas diri ketika beraktivitas di luar hotel.

"Kami sudah mengoordinasikan hal ini kepada semua jemaah. Dengan harapan, insiden seperti ini tidak terulang lagi demi kenyamanan dalam beribadah," katanya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini: