Sukses

Upaya Taman Nasional Bukit Barisan Selamatkan Harimau Sumatera

Pemkab Pesisir Barat mengklaim di sana jarang terjadi konflik harimau sumatera dengan manusia, karena masyarakat peduli, menjaga, dan tidak mengganggu keberadaan harimau tersebut.

Liputan6.com, Pesisir Barat - Hari Harimau Sedunia jatuh setiap tanggal 29 Juli. Dalam rangka memperingati hari tersebut, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menggelar puncak peringatan Global Tiger Day dan Hari Konservasi Alam Nasional 2018 di Bendungan Way Biha Kabupaten Pesisir Barat, Minggu, 12 Agustus 2018.

Dalam kesempatan itu, pemerintah menyatakan dukungannya terhadap program konservasi harimau sumatera, terutama di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

"Mari kita jaga harimau sumatera, kebanggaan kita," kata Wakil Bupati Pesisir Barat, Erlina saat menghadiri acara melalui keterangan tertulis Humas Balai Taman Nasional Bukit Barisan (TNBBS) dilansir Antara, Senin (13/8/2018).

Erlina mengatakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat sangat mendukung program konservasi harimau sumatera dan kelestarian alam.

Menurut dia, di Pesisir Barat, jarang terjadi konflik harimau sumatera dengan manusia, karena masyarakat peduli, menjaga, dan tidak mengganggu keberadaan harimau tersebut.

"Kami mendukung program konservasi TNBBS, dan mengharapkan partisipasi semua pihak, untuk mencegah terjadinya perburuan liar dan perambahan hutan, masyarakat Pesisir Barat turut berbangga sebagai bagian dari masyarakat yang hidup di sekitar kawasan hutan," Erlina menambahkan.

Wabup Erlina juga menyatakan,Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat juga mendukung pengembangan ekowisata Way Biha, untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Pelaksana harian Kepala Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan (TNBBS) Heru Rudiharto, mengaku gembira dukungan Pemkab Pesisir Barat terkait program konservasi harimau sumatera.

"Program konservasi harimau sumatera merupakan amanah berat yang di emban Balai Besar TNBBS, namun, dengan dukungan semua pihak dan kepedulian masyarakat, mudah-mudahan kita dapat melaksanakannya, sebagaimana yang telah disampaikan wakil bupati, harimau sumatera kebanggaan kita bersama," katanya menambahkan.

Peringatan Global Tiger Day dan Hari Konservasi Alam Nasional, 11-12 Agustus 2018 di Biha diselenggarakan oleh Balai Besar TNBBS, bekerja sama dengan mitra kerja, antara lain Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, GEF, UNDP, Sumatran Tiger Project, YABI, WCS, WWF, Artha Graha Peduli, TWNC, TFCA Sumatra, Pundi Sumatra, PILI, Repong Indonesia, dan Saka Wana Bakti TNBBS.

Kegiatan selama dua hari itu diisi oleh berbagai kegiatan, lomba lukis untuk siswa SMP dan SMA, kemah konservasi atau tiger day camp, penanaman, pentas seni, fun bike, lomba mewarnai untuk siswa SD.

Lomba penyajian kuliner daerah untuk Tim Penggerak PKK Pekon Paku Negara, bazar ekonomi kreatif, dan stand kampanye penyadartahuan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.