Sukses

Kirab Obor Asian Games Sampai Garut, Cek Rekayasa Lalu Lintasnya Sekarang

Setelah Purwakarta, giliran masyarakat Garut, Jawa Barat yang akan mendapatkan kemeriahan api obor Asian Games XVIII.

Liputan6.com, Garut - Kirab obor Asian Games ke XVIII sudah masuki Garut, Jawa Barat, belasan jalur sekitar kota Intan direkayasa untuk menyukseskan acara lima tahunan negara se-Asia itu.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, seluruh persiapan termasuk rekayasa lalu lintas untuk relay obor abadi itu sudah selesai. "Total ada 12 pot yang akan kita lalui," ujarnya di sela-sela gladi resik persiapan penyambutan obor, di Alun-alun Garut, Sabtu (11/8/2018).

Menurutnya, seluruh persiapan arus lalu lintas yang akan dilalui rombongan pembawa kiran obor api Asian Games, telah siap dilalui. Bahkan dalam simulasi yang dilakukan hari ini, seluruh jalur yang akan dilalui dalam keadaan siap.

"Alhamdulillah kami pun berterima kasih atas kerjasamanya TNI, Forkopinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan masyarakat, semuanya berjalan lancar," ujar dia bangga.

Ia mengatakan, sebagai salah satu daerah yang dipilih pemerintah pusat sebagai persinggahan api Asian Games, lembaganya terus melakukan marathon kegiatan untuk menyukseskan penyambutan acara itu.

"Ini kan nama baik Indonesia juga, bukan hanya Garut, makanya kami mohon kerjasamanya dari masyarakat," pinta perwira menengah Mabes Polri itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Budi Gangan menambahkan, untuk menyukseskan penyambutan kirab obor api Asian Games, mereka akan menampilkan belasan kesenian daerah di setiap persimpangan yang akan dilalui rombongan pembawa api abadi lambang persahabatan negara-negara se-Asia itu.

"Ada sekitar 12 titik, nanti setiap obor melewati titik persimpangan yang telah kita siapkan, akan disuguhi kesenian tradisional mulai reog, silat, perkusi, calung dan lainnya,"ujarnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesta Seni Budaya Masyarakat Garut

Berdasarkan rilis jadwal yang dikeluarkan Disparbud Garut, berikut jadwal titik Pentas Seni & Budaya Penyambutan Kirab Obor Asian Games 2018, Minggu (12/8/2018), mulai pukul 08.00 Wib.  

Pertama, Tugu Pertempuran Kubang ( Pertigaan Jl. Prof Anwar Musadad), mulai pukul 08.00. Jenis kesenian : upacara adat dan musik elektun, petugas : Siswa SMA 11 Garut. Kedua, lokasi SPBU Tanjung, Jenis kesenian, baronngsai dan musik elektun.

Ketiga, Pertigaan Cipanas (Racik Desa), jenis kesenian, Bangreng. Keempat, Alfamart / Pujasega, Jenis Kesenian: Perkusi dan elektun. 

Kelima, Pos Polisi Alun-alun Tarogong, Jenis Kesenian : Reog dan elektun. Keenam, Kantor PLN Tarogong, Jenis Kesenian : Marcing Band dan electune.

Ketujuh, Simpang Lima/Bapenda : Jenis Kesenian : Electune Musik Dangdut dan Pop. Kedelapan, Pertigaan STTG Jayaraga, Jenis Kesenian: pencak silat, elektun, marawis dan Marcing Band, Petugas Teater Uzlah, Atlet Silat, Santri Almusadaddiyah serta Mahasiswa UNIGA 

Kesembilan, Bunderan Leuwidaun, Jenis Kesenian : Perkusi , Electune & Seniman Jalanan. Kesepuluh, Pertigaan Jl. Cimanuk Jenis Kesenian : Keroncong. Sebelas, Geprek Bensu dpn Sehati,  Jenis Kesenian : Elektun, Surak Ibra. Duabelas, Alun Alun Garut, Jenis Kesenian : Arumba, elektun, domba catwalk & bobodoran   

Selama acara berlangsung mulai pukul 10.00 WIB sampai 13.00 WIB, sepanjang Jalan Otista Tarogong, Jalan Cimanuk dan Jalan A. Yani akan ada pemblokiran sebagai upaya rekayasa lalulintas dalam rangka pengamanan penyambutan Kirab Api Obor Asian Games 2018.

 

3 dari 3 halaman

Rekayasa Arus Lalu Lintas

Kasatlas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa menambahkan, selama acara kirab berlangsung, beberapa rute utama yang mengarah ke kota Garut termasuk rute yang dilintasi kegiatan, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas.

"Mohon kerjasama dan perhatiannya kepada masyarakat untuk menyukseskan acara itu," pinta dia, di sela-sela gladi resik penyembutan acara kirab obor.

Beberapa rute lalu lintas yang akan mendapatkan rekayasa yakni Simpang 3 Gobing - Bunderan Tarogong - Simpang 4 Hampor - Simpang Lima - Bunderan Lewih Daun - Apotek Sari Belok Kiri Menuju Alun-alun Garut - Babancong. 

Begini pengalihan Arus Lalu Lintas yang akan dilakukan petugas selama kegiatan berlangsung :  Jalur Gobing : Arus yang mengarah Ke Garut dialihkan ke Jln Prof KH Anwar Musadad. Kemudian Bunderan SMKN 2 Garut hindari menuju Bunderan Tarogong karena penutupan Rute Torch Relay di Bunderan Tarogong.

"Arus yang mengarah Ke Garut dialihkan menuju Jln Jend Sudirman Dan Terminal Guntur," kata dia.

Kemudian, rute yang berasal dari Kerkof, hindari arus lalu lintas yang mengarah ke Bunderan Lewidaun karena penutupan Rute Torch Relay - Bunderan Guntur. “Hindari juga arus mengarah jalan Cimanuk Penutupan Rute Torch Relay,” ujar dia.

Erik menambahkan pada saat pelaksanaan, hindari rute yang mengarah ke pusat lokasi kegiatan seperti area Babancong, Maktal - Apotek Sari - Simpang 4 LP - Jalan Siliwangi hingga Simpang 4 PLN Ditutup.

"Untuk mengurangi beban volume kendaraan yang menuju TL Maktal, arus lalu lintas Pasar Bayongbong akan dialihkan sementara menuju Jalur Samarang Garut," kata dia.

Dengan upaya itu, ia berharap kegiatan penyambutan kirab obor Asian Games di GArut berlangsung sukses dan meriah. "Mari kita sukseskan Asian Games XVIII 2018 Torch Relay di Kabupaten Garut dengan tertib dan patuh kepada peraturan lalu lintas," ujar Erik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.