Sukses

Detik-Detik Menegangkan Gempa Lombok Guncang Acara Penyerahan Bantuan dari Jabar

Saat gempa terjadi, Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan, beserta rombongan yang tengah menyalurkan bantuan secara langsung di kawasan Posko Pusat Bencana Lombok Utara.

Liputan6.com, Bandung - Guncangan gempa berkekuatan 6,2 skala richter (SR) kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pada saat bersamaan, Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan, beserta rombongan yang tengah menyalurkan bantuan secara langsung di kawasan Posko Pusat Bencana Lombok Utara, di depan RSUD Tanjung Lombok Utara merasakan langsung dahsyatnya guncangan tersebut.

Kala itu Iriawan didampingi pejabat terkait dan Dirut BJB tengah melakukan penyerahan secara simbolis bantuan kepada Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, Kepala Polda NTB Achmat Juri, serta pihak Korem 162 Wira Bhakti, dan juga para relawan di posko pusat bencana tersebut.

Guncangan yang cukup kuat tersebut menimbulkan gaduh akibat goyangnya bangunan Gedung RSUD Tanjung, Lombok Utara. Sejumlah genting dan jendela berjatuhan. Pj Gubernur Jabar, Direktur Utama Bank BJB, Kapolda NTB, Bupati Lombok Utara, serta pejabat lainnya pun ikut bergeser menghindari bangunan tinggi tersebut.

"Ini kembali kita rasakan guncangan gempa, mudah-mudahan ini yang terakhir," ujar Iriawan dalam keterangan tertulis tang diterima Liputan6.com, Kamis (9/08/2018).

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter itu berlokasi di 8.36 LS 116.22 BT atau 6 km barat laut Lombok Utara.

Pusat berada di kedalaman 12 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya, maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Dampak gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG), dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gemp bumi tidak berpotensi tsunami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salurkan Bantuan Rp 3,6 Miliar

Sebelumnya, Mochamad Iriawan, menyerahkan langsung tanda solidaritas berupa dana bantuan sejumlah Rp 2 Miliar kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bantuan diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Rosiady Husaenie Sayuti beserta jajaran, di Posko Bencana Alam Gempa Bumi, di Gedung Sangkariang Kantor Gubernur NTB, Kamis (09/08/2018) pagi.

Mantan Kapolda NTB itu menyebut, bantuan itu bersumber dari pos Bantuan Tidak Terduga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2018.

"Inlah bukti bahwa kami merasa senasib sepenanggungan, sesama bangsa Indonesia," ungkap Iriawan.

Iwan, sapaan akrabnya, berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak langsung gempa. Bantuan, lanjut Iwan, diberikan dalam bentuk dana supaya lebih fleksibel.

Uang bisa digunakan untuk membeli barang-barang bantuan seperti makanan, pakaian, tenda, atau lainnya. Dapat juga digunakan untuk recovery pasca-bencana, supaya NTB cepat bangkit, dan pulih segala aktivitasnya seperti sedia kala.

"Kita juga doakan saudara yang mendahului kita yang tertimpa musibah semoga diterima di sisi-Nya, dan syahid di sisi Allah SWT," katanya.

Usai menyambangi posko bencana alam gempa bumi di Kantor Gubernur NTB, Iriawan beserta rombongan diantaranya Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan, Kepala BPBD Jawa Barat Dicky Saromi, dan jajaran Biro, serta OPD terkait, berkunjung ke sejumlah titik di Kabupaten Lombok Utara yang kabarnya menderita kerusakan hingga 90 persen.

Selain bantuan yang disalurkan kepada Pemprov NTB, Pemprov Jabar juga akan menyalurkan langsung bantuan sebesar Rp 600 juta untuk Kabupaten Lombok Utara, Korem 162 Wira Bhakti Rp 500 juta, Polda NTB Rp 500 Juta, yang bersumber dari Bank BJB, dan PNS Provinsi Jawa Barat melalui Rekening Jabar Peduli. Total, bantuan yang diberikan Jabar kepada NTB adalah Rp 3,6 miliar.

Sementara itu, Sekda NTB Rosiady Husaenie Sayuti menghaturkan rasa terima kasih tak terhingga kepada masyarakat Jawa Barat atas bantuan yang diberikan. "Saya yakin, apapun yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat NTB yang terdampak," kata Sekda Rosiady.

Selanjutnya, Rosiady menyebut pihaknya akan segera mengelola lalu mendistribusikan bantuan yang diterima pihaknya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.