Tiga Ekor Buaya Lolos Jadi Santapan Malam Warga

Oleh M Syukur pada 08 Agu 2018, 10:03 WIB
Diperbarui 08 Agu 2018, 10:03 WIB
Tiga Ekor Buaya Lolos dari Santapan Makan Malam Warga

Liputan6.com, Pekanbaru - Tiga ekor buaya remaja lolos menjadi hidangan makan malam warga di Riau setelah diselamatkan sekuriti PT Pertamina RU II Wilayah Dumai. Buaya jenis muara ini telah menjadi penghuni baru Kebun Binatang Kasang Kulim, Kubang, Kabupaten Kampar.

Humas Balai Besar Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Dian Indriati menyebutkan, buaya itu diserahkan Manager HSSE PT Pertamina Seno Haryono pada Senin, 6 Agustus 2018, pagi.

"Buaya itu diterima langsung Kepala Seksi BKSDA Wilayah IV," kata Dian, Selasa (7/8/2018) petang.

Penuturan Dian, penemuan satwa bernama latin Crocodylus porosus itu berawal dari patroli sejumlah sekuriti di jalan lintas Dumai-Rokan Hilir. Kala itu terlihat beberapa warga melintas memakai sepeda motor yang membawa keranjang dari rotan.

"Ketika dihentikan dan bawaan tadi diperiksa, ternyata isinya tiga ekor buaya," ucap Dian.

Ketika ditanyai sekuriti untuk apa buaya ini, warga tadi menyebut akan dibawa ke rumah untuk dimakan, sementara sisanya akan dijual. Buaya ini langsung disita karena sekuriti tadi tahu tentang keberadaan buaya beserta undang-undang yang melindunginya.

Buaya ini lalu diserahkan ke Seno, Manager HSSE PT Pertamina. Karena terlihat sakit, buaya ini lalu dirawat hingga sembuh. Selanjutnya Seno menghubungi petugas BBKSDA di wilayah IV untuk tindakan selanjutnya.

"Petugas yang diberi informasi lalu menjemputnya untuk dibawa ke Pekanbaru, lalu dititipkan ke lembaga konservasi Kasang Kulim untuk penanganan lebih lanjut," kata Dian.

BBKSDA mengapresiasi sikap PT Pertamina RU II karena sadar tentang keberadaan satwa dilindungi ini. Dian pun berharap sikap ini dicontoh masyarakat yang masih memelihara buaya atau satwa liar dilindungi lainnya.

 

Simak video pilihan berikut ini: