Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Sosok Mistis Dibalik Munculnya Bocah Gimbal Dieng

Top 3 berita hari ini, dalam legenda, Nyai Roro Ronce merupakan abdi Nyai Roro Kidul yang bertugas mendiami dan menjaga Dataran Tinggi Dieng.

Liputan6.com, Banjarnegara - Top 3 Berita Hari Ini, hingga kini kemunculan para bocah dengan rambut gimbalnya di Dataran Tinggi Dieng masih misteri. Ditambah lagi fenomena ini kerap terjadi pada bocah perempuan.

Namun, oleh warga hal ini dianggap lumrah. Mereka dipercaya adalah titipan satu tokoh dalam mitologi Dieng, Nyai Roro Ronce.

Sementara itu, penyebab kebakaran hutan savana Gili Lawa di kawasan Taman Nasional Komodo hingga kini masih diselidiki. Dugaan sementara, amuk api yang membakar padang rumput tersebut disebabkan ulah wisatawan yang membuang puntung rokok sembarangan.

Polisi juga menyita KTP pemandu wisata dan nakhoda kapal, serta dokumen-dokumen kapal untuk kepentingan pemeriksaan pihak kepolisian.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Misteri Munculnya Bocah Gimbal Dieng dan Legenda Nyai Roro RonceUpacara pemotongan rambut gimbal dalam Dieng Culture Festival. ( Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).Di luar konsep DCF yakni "Beauty of Culture" yang digambarkan dalam sosok perempuan, fenomena anak berambut gimbal ini memang lebih banyak terjadi pada anak perempuan. Adapun laki-laki, ada yang berambut gimbal, tetapi relatif lebih jarang.

Sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun lalu, fenomena anak gimbal di Dieng telah dianggap lumrah. Dipercaya, mereka adalah titipan satu tokoh dalam mitologi Dieng, Nyai Roro Ronce.

Dalam legenda, Nyai Roro Ronce merupakan abdi Nyai Roro Kidul yang bertugas mendiami dan menjaga Dataran Tinggi Dieng.

Selengkapnya... 

2. Usut Kebakaran di Gili Lawa, KTP Pemandu Wisata dan Nakhoda Kapal DisitaDi media sosial kini tengah ramai warganet yang membahas soal penyebab Gili Lawa terbakar, diduga karena kembang api untuk foto prewedding. (Liputan6.com)Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat tengah mengusut kasus kebakaran hutan savana di Gili Lawa, kawasan wisata Taman Nasional Komodo, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti luasan padang savana di Gili Lawa yang terbakar. Namun, perkiraan lahan yang hangus mencapai 10 hektare.

Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjutnya, diduga penumpang Kapal Indonesia Juara sebagai pemicu kebakaran di Gili Lawa.

Selengkapnya... 

3. Banser Jabar Minta Bawaslu Hentikan Kampanye 2019 Ganti PresidenMassa menggunakan kaus bertulisakan #2019GantiPresiden saat deklarasi akbar di Monas, Jakarta, Minggu (6/5). Acara ini juga diramaikan dengan penjualan kaus dan atribut bertagline #2019GantiPresiden. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)Satuan Koordinator Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Barat meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar mencegah dan menghentikan kegiatan kampanye 2019 Ganti Presiden (#2019GantiPresiden) di wilayah setempat.

Menurut Komandan Satkorwil Banser Jabar, Yudi Nurcahyadi, kampanye penolakan warga Batam terhadap tokoh kampanye 2019 Ganti Presiden, Neno Warisman, beberapa waktu lalu, menunjukan buktinya adanya penolakan warga. 

"Seharusnya gerakan tersebut menyuarakan ajakan untuk berkompetisi secara sehat pada Pilpres 2019 yang akan datang, siapa pun calonnya itu," kata dia.

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.